PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS DI KELAS XI SEMESTER 1 MA AL-WASHLIYAH TANJUNG BERINGIN T.P 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum Dan impuls di kelas XI semester 1 MA Tanjung Beringin Serdang Bedagai T.P 2016/2017
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain two group design pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MA Al- Washliyah Tanjung Beringin terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan cluster random sampling dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang.
Dari analisa data pretes diperoleh rata – rata kelas eksperimen yaitu 8,1 sedangkan kelas kontrol 6,83. Data postes diperoleh siswa rata – rata kelas eksperimen yaitu 15,5 sedangkan di kelas kontrol 13,2. Uji normalitas pretes pada kelas eksperimen diperoleh L0 < L ( 0,156 < 0,161). Sedangkan pada pretes kelas kontrol L0 < L ( 0,1438 > 0,161), nilai kritis uji liliefors n = 30 adalah L = 0,161, uji normalitas pada postes kelas ekperimen L0 < L ( 0,0951 < 0,161) sedangkang pada kelas kontrol L0 < Ltabel (0,0971 < 0,161). Dari data tersebut dapat disimpulkan pretes dan postes kelas ekperimen dan pretes kelas kontrol berdistribusi normal karena L0 < L. Uji homogenitas dari dua kelompok kelas pretes diperoleh Fhitung < Ftabel (1,15<1,86). Dan kelas postes Fhitung < Ftabel (1,03<1,86) maka data penelitian berasal dari populasi yang homogeny karena Fhitung < Ftabel. Untuk analisis data uji t pada pretes – ttabel < thit < ttabel atau – 2,002 < 1,763 < 2,002 berarti H0 diterima sedangkan pada postes diperoleh thitung = 3,06 > ttabel = 1,671 berarti Ha diterima dan H0 ditolak, berarti adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tps menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa MA Al-Washliyah Tanjung Beringin Tahun ajaran 2016/2017.Full Text:
PDFReferences
Badar, Al-Tabany 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,
Progresif,dan Kontekstual. Jakarta : Prenadenia Group
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara
https://ivonyerniwaty.wordpress.com/2011/06/12/pembelajaran-kooperatif-tipe-concept-mapping-peta-konsep/
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istarani. 2015. Eksiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada
Kunandar,M.Si. 2010. Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satua
Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:
Rajawali Pers
Mudyaharjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Propesional : Menciptakan Pembelajaran
Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja
Pressindo.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sani, Abdullah, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sembiring, Anwar, Ridwan, Muhammmad. 2015. Ensiklopedi Pendidikan.
Medan: Media Persada
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Simbolon.2013. Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Penerbit Rineka
Slavin, Robert, E, (2005), Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik
Penerjemah, Bandung :Nusa Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif,
dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sukardjo, M. 2012. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta :
Rajawali Pers
Sunarti, Rahmawati, Selly. 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013Membantu
Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah – Langkah Penilaian
Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta :Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i1.10882
Article Metrics
Abstract view : 199 timesPDF - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142