PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS DI KELAS XI SEMESTER 1 MA AL-WASHLIYAH TANJUNG BERINGIN T.P 2016/2017

ULFAH HASANAH SIREGAR, Jafri Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum Dan impuls di kelas XI semester 1 MA Tanjung Beringin Serdang Bedagai T.P 2016/2017

Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain two group design pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MA Al- Washliyah Tanjung Beringin terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan cluster random sampling dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang.

Dari analisa data pretes diperoleh rata – rata kelas eksperimen yaitu 8,1 sedangkan kelas kontrol 6,83. Data postes diperoleh siswa rata – rata kelas eksperimen yaitu 15,5 sedangkan di kelas kontrol 13,2.  Uji normalitas pretes pada kelas eksperimen diperoleh L0 < L ( 0,156 < 0,161). Sedangkan pada pretes kelas kontrol L0 < L ( 0,1438 > 0,161), nilai kritis uji liliefors n = 30 adalah L = 0,161, uji normalitas pada postes kelas ekperimen  L0 < L ( 0,0951 < 0,161) sedangkang pada kelas kontrol L0 < Ltabel (0,0971 < 0,161). Dari data tersebut dapat disimpulkan pretes dan postes kelas ekperimen dan pretes kelas kontrol berdistribusi normal karena L0 < L. Uji homogenitas dari dua kelompok kelas pretes diperoleh Fhitung  < Ftabel (1,15<1,86). Dan kelas postes Fhitung  < Ftabel (1,03<1,86) maka data penelitian berasal dari populasi yang homogeny karena Fhitung  < Ftabel. Untuk analisis data uji t pada pretes – ttabel < thit < ttabel atau – 2,002 < 1,763 < 2,002 berarti H0 diterima sedangkan pada postes diperoleh thitung = 3,06 > ttabel = 1,671 berarti Ha diterima dan H0 ditolak, berarti adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tps menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa MA Al-Washliyah Tanjung Beringin Tahun ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

References


Badar, Al-Tabany 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,

Progresif,dan Kontekstual. Jakarta : Prenadenia Group

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara

https://ivonyerniwaty.wordpress.com/2011/06/12/pembelajaran-kooperatif-tipe-concept-mapping-peta-konsep/

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istarani. 2015. Eksiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada

Kunandar,M.Si. 2010. Guru Propesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satua

Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:

Rajawali Pers

Mudyaharjo, Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Propesional : Menciptakan Pembelajaran

Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja

Pressindo.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sani, Abdullah, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sembiring, Anwar, Ridwan, Muhammmad. 2015. Ensiklopedi Pendidikan.

Medan: Media Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Simbolon.2013. Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Penerbit Rineka

Slavin, Robert, E, (2005), Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik

Penerjemah, Bandung :Nusa Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif,

dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sukardjo, M. 2012. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta :

Rajawali Pers

Sunarti, Rahmawati, Selly. 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013Membantu

Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah – Langkah Penilaian

Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Jakarta :Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i1.10882

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter