PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Ridwan A Sani, Siti Handayani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa SMA.Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas X MIA FD A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantu media pembelajaran audiovisual fisika terhadap hasil belajar siswa SMA.

Keywords


quasi experiment;inquiry training;audiovisual fisika;hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Fitriani dan Alkhafi Maas Siregar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Elastisistas Semesteri I di MAN 1 Medan T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi. 2(2), 55-62.

Prastiawan. R.H. dan Buditjahjanto. A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media AudioVisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik dan Elektro. 4 (3), 1017-1023.

Sani, R.A., (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani. R. A. Manurung. S. R. Suswanto. H. & Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., dan Rismurdiyati, (2013), Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, Vol. 02: 71-8

Turnip. B. Wahyuni. I. dan Tanjung. Y.I. (2016). The Effect Inquiry Training Learning Model Based on Just in Time Teaching for Problem Solving Skill. Journal of Education and Practice. 7 (15), 177-181.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i2.10911

Article Metrics

Abstract view : 526 times
PDF - 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter