UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI T.P 2017/2018
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, N., S, Ngadimin & Hamid, A., (2017), Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) Pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, Vol. 2: 272-276.
Chandrasena, W., Craven, R. G., Tracey, D., & Dillon, A., (2014), Seeding Science Success: Psychometric Properties of Secondary Science Questionnaire on Students’ Self-Concept, Motivation, and Aspirations, Australian Journal of Educational & Development Psychology, Vol. 14: 186-201.
Cunayah, C., dan Irawan, E. I., (2013), 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Matematika untuk SMA/MA, Yrama Widya, Bandung.
Dahar, (1989), Teori-TeoriBelajar, Erlangga, Jakarta.
Demirci, N., (2005), A Study About Students’ Misconceptions in Force and Motion Concepts By Incorporating A Web-Assisted Physics Program, The Turkish Online Journal Educational Technology, Vol. 4: 40-48.
Dimyati dan Mudijono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono, (2009), Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Fajar, D.M., dan Supardi, I., (2013), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri (InquiryLearning) Terhadap Penurunan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMAN 2 Jombang, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 2: 24-29.
Giancoli, D. C., (2001), Fisika Edisi Kelima Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Halliday, D., Resnick, R., dan Walker, J., (2010), Fisika Dasar Edisi 7 Jilid 2, Erlangga, Jakarta.
Hasan, S., Bagayayoko, D., dan Kelley, E. L., (1999), Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI), Physics Education, Vol. 34: 294-299.
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E., (2009), Models of Teaching, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Kusumaningrum, I. A., Ashadi, A., & Indriyanti, N. Y., (2017), Scientific Approach and Inquiry Learning Model in the Topic of Buffer Solution: A Content Analysis, International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 1-6.
Ngalimun, (2016), Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo, Yogyakarta.
Rozaq, M., Suyono, Wasis, (2013), Penggunaan Model Inkuiri Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Optika Geometri Serta Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMK Negeri 1 Lumajang, Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Vol. 2: 198- 205.
Sani, R. A., (2013), Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Sani, R.A., Manurung, S.R., Suswanto, H., dan Sudiran, (2018), Penelitian Pendidikan, Tsmart, Tangerang.
Silalahi, U., (2003), Relevansi Kebijakan Human-Centered Development dan Perbaikan Kualitas Pendidikan Dalam Pengembangan Kualitas Sumberdaya Manusia Indonesia, Vol. 2: 87-107.
Stein, M., Larrabee, T. G., & Barman, C. R., (2008), A Study Of Common Beliefs and Misconceptions in Physical Science, Journal of Elementary Science Education, Vol. 20: 1-11.
Styer, D. F., (1996), Common Misconceptions Regarding Quantum Mechanics, American Journal of Physics, 1-8.
Sudijono, A., (2003), Pengantar Evauluasi Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sudjana, (2012), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.
Sudjana, N., (2016), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Suparno, A. S., (2000), Membangun Kompetesi Belajar, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Suparno, P., (2005), Miskonsepi dan Perubahan Konsep dalam pendidikan Fisika, PT Grasindo, Jakarta.
Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prgresif, Prenada Media Group, Jakarta.
Young, H. D., dan Freedman, R. A., (2000), Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Zuhri, M.S., dan Jatmiko, B., (2014), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XII Pada Materi Fluida Statis di SMAN Kesamben Jombang, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol. 3: 103-107.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i3.10913
Article Metrics
Abstract view : 1609 timesPDF - 1028 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142