AKTIVITAS DI KELAS EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nurhijriyah Kam Siregar, Rugaya Rugaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang  dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test dengan jumlah 8 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa dan penilain keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar serta keterampilan siswa menggunakan model  problem based learning meningkat setiap pertemuannya sehinga model pembelajaran problem based learning dapat berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Model Problem Based Learning, Pembelajaran Konvensional; Aktivitas; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.) (2001). A taxonomy for leaning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, New York: ongman

Annovasho, J., dan Budiningarti, H. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa kela X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fsika Materi Fuida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. JUrnal INovasi Pendidikan Fisika (JIPS). 03 (03), 20-26.

Arends, R. I., (2008), Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman, (2009), Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Oktariana, M. Mulyanto, A.B., dan Yanti, F.D. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Siswa Kelas VIII SP Negeri 4 Lubuk Pakam Linggau Tahu Pelajaran 2014/2015. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPS). 03 (03), 20-26.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana : Jakarta.

Utrifani, A. dan Turnip, B. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi POkok KInematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi. 2 (2), 9-16.

Widodo, (2012), Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada siswa Kelas VII A Mts Negeri Donomulyo Kuon Progo T.P 2012/2013, Jurnal Fisika Indonesia, 49(17), 32-35




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i3.11205

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter