ANALISIS KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA DI MAN 2 MODEL MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keaktifan siswa dalam praktikum (2) keterampilan proses sains siswa (3) mengetahui aktivitas siswa dalam prktikum dikelas X, XI IPA Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Penelitian ini dilakukan di kelas X, XI IPA MAN 2 Model Medan dengan jumlah populasi 750 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah X IPA 42 , XI IPA 42 siswa yang diambil dari teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi langsung, pembagian survei, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan deskriptif. deskriptif digunakan untuk mengetahui yakni dengan melakukan observasi dan eksplorasi (penggalian) dengan menggunakan instrumen pengumpul data untuk mendapatkan jawaban permasalahan dan pencapaian tujuan penelitian. Melalui pengujian hipotesis diperoleh aktivita praktikum fisika di MAN 2 Model Medan tidak mencakup semua keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa dalm praktikum fisika tergolong dalam kategori baik keterampilan proses sains siswa dan aktivitas dalam praktikum fisika tergolong dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 59,92%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Aneka Cipta
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Baedowi, Ahmad dkk. 2015. Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT Pusaka Alvaber
Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Dewi, Indah Sari., Sunariyati, Siti., Neneng, Liswara. 2013. Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri se-Kota Palangka Raya.Edu Sains Vol. 2 No. 1 Hal 13-26
Erniwati., Eso, Rosalina., Rahmia, Siti. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA-Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol 10 No. 3 Hal 269-273
Panen, Paulina. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Rahman, Dedi., Adlim., Mustanir. 2015. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 3 No. 2 Hal 1-13
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i4.12499
Article Metrics
Abstract view : 840 timesPDF - 540 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142