MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI POKOK FLUIDA STATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA N 14 MEDAN T.P 2018/2019

Sri Yuanna, Muhammad Kadri

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi pokok fluida statis dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas XI semester ganjil SMA Negeri 14 Medan T.P.2018/2019.. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 14 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi oleh validator, lembar penilaian dan aktivitas belajar siswa. Rata-rata data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 34,63 dan 31,23. Rata-rata data postest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 74,03 dan 51,96. Analisis dari data pretest dan postest diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh  dan , hal ini menyatakan bahwa  yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh dan , sehingga  maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada peningkatan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok fluida statis di SMA N 14 Medan.


Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar; Konvensional; Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Full Text:

PDF

References


Derlina, Melda, (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optik Geometri Kelas X SMA St.Yoseph Medan, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013.

Makmur, S., dan Roby, (2015), Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamik, INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), Vol. 3 No. 3 Mei 2015.

Rhamadani, W.T., (2015), Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa T.P 2014/2015, Skripsi FMIPA UNIMED, Medan.

Syah, M., (2015), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Rosdakarya, Bandung.

Vellayati, S., (2017), Analisis Aktivitas Belajar Siswa dan Aktivitas Pembelajaran Guru pada Mata pelajaran Kimia, Prosiding Seminar Nasional MIPA III

Widodo dan Lusi, W., (2013), Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Fisika Indonesia, No: 49, Vol XVII April 2013




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i4.12539

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter