ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

Rahmah Hanifah Imron, Prof Sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas motivasi belajar, sikap ilmiah siswa dan hasil belajar fisika (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika siswa (3) mengetahui pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika siswa (4) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sikap ilmiah secara simultan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Sampel penelitian terdiri dari 90 orang siswa yang ditentukan dengan teknik propotional random sampling, yaitu sampel yang diambil secara acak sebesar 20% dari total keseluruhan siswa kelas XI MIA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kuisioner dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji F. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel motivasi belajar dan sikap ilmiah secara parsial terhadap hasil belajar fisika. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar dan sikap ilmiah secara simultan terhadap hasil belajar fisika. Sebelum uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Melalui analisis data diperoleh persamaan regresi Y= 40,19+ 0,88X1+0,48X2+e dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,438 (43,8%). Melalui pengujian hipotesis diperoleh ada pengaruh parsial yang signifikan antara variabel motivasi belajar, variabel sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika. Pengaruh simultan variabel motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika juga diperoleh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh parsial yang positif dari motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika, ada pengaruh parsial yang positif dari sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika, dan ada pengaruh simultan yang positif antara motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika.


Keywords


motivasi belajar; sikap ilmiah; hasil belajar fisika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta :Pustaka Pelajar Offset

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, 2011,Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta

Fakhruddin. 2010. Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains Volume 4 No.1

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Kuncoro, 2009,Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta, Erlangga

Kurniati, Tuti. 2001. Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Tesis. PPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Kusuma, Merta Dhewa. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 1 No.2.

Milfayetty, Sri. 2015. Psikologi Pendidikan. Medan : Pascasarjana Unimed

Peranginangin, Despaleri dan Sahyar. 2015. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Media Flash Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 4 No. 1.

Putri, Aminah Tri. 2017. Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Volume 1 Nomor 1.

Rustaman, Nuryani. Dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)

Sari, Ira Novita. 2016. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar TerhadapPrestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) Volume 4 No. 2

Sarwono dan Martodiredjo, 2008,Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta, ANDI

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Edisi 4 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Shidiq, Ari Sahidul, Mohammad Masykuri, Elfi Susanti. 2015. Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta

Sriyanti, Lilik. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Subagya, Hari. 2012. Sains Fisika SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sudjana. 2009. Metode Penelitian Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono, 2011,Metode Penelitian Pendidikan,Bandung, CV Alfabeta

Sumantri, M.S.. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : Rajawali Pers.

Susianah, Hidayat dan Muh. Yusuf Hidayat. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Mia Sman 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 3 No.2

Tanjung, Ratna. 2013. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika. Medan : Unimed Press

Tawil, M., dan Liliasari. 2005. Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Pendidikan IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Uno, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Winansih, Varia. 2008. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung : Citapustaka Media

Yunita, Frima dan Nor, Fakhruddin Z,M. 2013. Hubungan antara Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil Belajar Fisika di kelas XII IPA MA Negeri Kampar. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Riau:1-10




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i2.12549

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter