Pengaruh Model Problem based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA N 5 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gelombang mekanik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eskperimen dengan desain kelompok pretes-postes. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eskperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu normalized gain (N-gain). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa daripada siswa yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Normalized Gain terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji peningkatan dengan N-gain pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu berada pada kategori sedang dengan persentase N-Gain 56%, dan kelas kontrol 26%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends,R.L, (2008), Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) , Pustaka Pelajar,Yogyakarta .
Arikunto,Suharsimi,(2002) , Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta
Aziz, M. S., Zain, A. N. M., Samsudin, M. A. B., dan Saleh, S. B., (2014), The Effects of Problem-Based Learning on Self-Directed Learning Skills among Physics Undergraduates, International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3: 126-137
Destianingsih, E., (2015), Pengaruh Model Problem based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika, Jurnal INPAFI, ISSN 2355-7109,3(1),1-6.
Dwi, I. M., Arif, H., dan Sentot, K., (2013), Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9: 8-17.
Hotdi,S., dan Mara Bangun,H,(2016), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di kelas x Semester II SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2015/2016. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan,Volume 2 No.3 ISSN : 2461-1247 .
Mairani,Era, (2017) , Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Suhu dan Kalor kelas X Semester II SMA Negeri 5 Tanjung Balai TP.2016/2017,Skripsi FMIPA Unimed, Medan.
Mundilarto,(2017), Effect Of Problem based Learning on Improvement Physics Achievement and Critical Thinking of Senior High School Student, Journal of Baltic Science Education,Vol 16.No 5
Nariman,N., dan Chrispeels, J.,(2016), PBL in teh Era of Reform Standars: Challenges and Benefits Perceived by Teachers in One Elementary School, Interdiciplinary Journal of PBL,ISSN 1541-5015, 10(1)1-16.
Nneji. S.O., (2013),Effect of Polya George’s Problem Solving Model on Students’ Achievement and Retention in Algebra, Journal of Educational and social Research, 3:43-48.
Razzak, N.A., (2012), Problem-Based Learning in the educational Psychology Classroom : Bahraini Teacher Candidates’s experience, International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, ISSN 1812-9129, 24(2), 134-143.
Sudjana.(2005), Metode Statistika Edisi 6 , Tarsito,Bandung.
Siregar,S,(2015), Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan kalor di kelas X semester II SMA N 11 Medan T.P 2014/2015, Skripsi Fmipa UNIMED, Medan .
Simanjuntak, M.P., (2012), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan, Dan Perilaku Metakognisi Mahasiswa, Jurnal Online Pendidikan Fisika, ISSN 2301-7651, 1(1), 1-7.
Sinuraya J, Simatupang S,Wahyuni I,(2015), Pengaruh Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Capaian Kompetensi Mata Kuliah Fisika Umum Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNIMED, Seminar Nasional Fisika UNJ,ISSN 2339-0654-p
Sinuaya J, Simatupang S, Wahyuni I,(2014), The Effectiveness Of Using Developed Problem Based Learning Tools On General Physics II Of Physics Students State University Of Medan, Proceeding First Annual International Seminar, ISBN 978-602-9115-37-6.
Sinuraya J,Dwitya R,(2014), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Gerak Newton Kelas X Semester Ganjil Di SMA Swasta Daerah Sei Bejangkar T.A 2013/2014, Jurnal Inpafi ,Vol 2 No.2.
Soekalingan, N., dan Schmidt, H.G, (2011), Characteristics of problems dor Problem-Based Learning : The students’ Perspective, Interdiciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(1), 6-33.
Sulaiman,Fauziah,(2013), The Effectiveness of PBL Online on Physics Students Creativity and Critical Thinking : A Case Study at University Malaysia Sabah, International Journal of Education and Reaserch.
Trianto.(2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana , Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i2.12553
Article Metrics
Abstract view : 389 timesPDF - 220 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142