ANALISIS SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN

Muhammad Ardi Satrio, Sabani, S.Pd., M.Si

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana prasarana dan pemanfaatan laboratorium fisika di SMA Negeri kota Medan. Jenis penelitian ini adalah  survey explorative yakni dengan melakukan observasi dan eksplorasi (penggalian). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri kota Medan yang memiliki laboratorium fisika dan terdiri dari 21 sekolah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 sekolah yaitu SMA Negeri 7 Medan, SMA Negeri 11 Medan, SMA Negeri 12 Medan,  SMA Negeri 13 Medan, SMA Negeri 15 Medan. Pengambilan data menggunakan observasi langsung,  pembagian survei, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa laboratorium fisika di SMA Negeri kota Medan tergolong dalam kategori baik yang sesuai dengan Permendiknas No.24 Tahun 2007 dan pemanfaatan laboratorium fisika SMA Negeri kota Medan tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 70,5% (survei guru) dan 67,57% (survei siswa), namun berdasarkan frekuensi pemanfaatan laboratorium tegolong tidak baik (20%).


Keywords


sarana prasarana dan pemanfaatan laboratorium fisika

Full Text:

PDF

References


Ali, L. U., dan Suastra, I. W., 2013. Pengelolaan Pembelajaran IPA ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3

Asep, Kadarohman. 2007. Manajemen Laboratorium IPA. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia

Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Dewi, Indah Sari., Sunariyati, Siti., Neneng, Liswara. 2013. Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri se-Kota Palangka Raya. Edu Sains Vol. 2 No. 1 Hal 13-26

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. SPTK-21. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Erniwati., Eso, Rosalina., Rahmia, Siti. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA-Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol 10 No. 3 Hal 269-273

Fauzi, A. 2011. Pentingnya Pembelajaran Fisika melalui Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Inquiry. Jurnal Orbit Vol 7 No. 1

Hudha, Atok Miftahul., Hustamah., Hadi, Samsum. 2011. Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Laboratorium untuk Menunjang Pelaksanaan bagi Guru IPA Biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Dedikasi Vol 8 Hal 43-51

Katili, Sundoro N., Sadia, Wayan I., Suma, Ketut. 2013. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3

Mohan, Radha. 2007. Innovative Science Teaching for Physical Science Teachers. New Delhi: Prentince-Hall India

Nuada, I Made, Harahap, F. 2015. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri se-Kota Tanjungbalai. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED Vol 12 No. 1 Hal 89-106

Panen, Paulina. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Pehulisa, Rensiva Ray. 2017. Analisis Pemanfaatan Laboratorium Biologi dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri se-Kota Binjai. Skripsi. FMIPA. Unimed, Medan

Rahman, Dedi., Adlim., Mustanir. 2015. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 3 No. 2 Hal 1-13

Rahmiyati, Sri. 2008. Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan No. 1

Salim, Yulius. 2013. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Widyatamma Pressindo

Samsudin, A., Suhendi, E., Efendi, R., Suhandi, A., 2012. Pengembangan “Cels” dalam Eksperimen Fisika Dasar untuk Mengembangkan Performance Skills dan Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 8 Hal 15-25

Sani, Ridwan Abdullah. 2012. Pengembangan Laboratorium Fisika. Medan: UNIMED Press

Siahaan, Parsaoran. 2010. Hakikat Sains dan Pembelajarannya. Bandung: UPI

Sutrino. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: UPI

Tursinawati. 2013. Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan pada pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir Vol. 1 No. 1

Wijosoemarto, K., Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: FMIPA UPI

Yanti, Dian Eka Budi., Subiki., Yushardi., 2016. Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol 5 No.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i4.12565

Article Metrics

Abstract view : 1312 times
PDF - 912 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter