PENGEMBANGAN ALAT UKUR PERCEPATAN GRAVITASI BERBASIS SENSOR INFRARED DAN ULTRASONIK DENGAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

yoana nurul asri, Budi Mulyati

Abstract


Media ajar dapat dijadikan sebagai pendukung proses pembelajaran agar tujuan dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran ialah alat ukur laboratorium. Dalam mata pelajaran fisika untuk menentukan  percepatan gravitasi misalnya kita membutuhkan sebuah alat ukur.  Sudah banyak jenis alat ukur pecepatan gravitasi misalnya melalui osilasi ayunan bandul dan lainnya yang melibatkan variabel waktu. Akan tetapi proses yang dirasa tidak mudah menjadi kendala tersendiri dalam melakukan pengukuran. Oleh karena itu dibuat alat ukur percepatan gravitasi berbasis arduino dengan tampilan dari android app atau smartphone yang dihubungkan dengan wifi. Integrasi antara elektronika dan IoT menghasilkan sebuah alat ukur percepatan gravitasi dengan koreksi waktu 1 s menggunakan sensor infrared dan ultrasonik. Meskipun nilai percepatan gravitasi yang diperoleh masih bervariasi, namun penggunaan alat ini menjadi salah satu alternatif alat ukur laboratorium yang memudahkan siswa dan guru.

 


Keywords


media ajar, alat ukur, percepatan gravitasi, elektronika

Full Text:

PDF

References


Brusco. 2010. Using Smartphone Application in Perioperative Practice. AORN Jurnal, vol. 92 (5).

Daryanto, 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya. Depdiknas. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis.

Septianto, D. Suhendra dan F. Iskandar. 2016. Utilization of the Magnetic Sensor in a Smartphone for Facile Magnetostatics Experiment : Magnetic Field due to Electrical Current in Straight and Loop Wires. Physics Education, vol. 52 (1).

Suciarahmat dan Y. Pramudya. 2015. Aplikasi Sensor Smartphone dalam Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. XIX (50).

Tipler, P. A., 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Young dan R. Freedman. 2003.Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i4.14447

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter