EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI

Nia Ayu Ningsih, Rita Juliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi kelas XI semester II SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol X1 IPA 2 yang berjumlah masing-masing 32 dan 33 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,83 dengan standar deviasi 16,65 dan rata-rata pretes kelas kontrol 39,39 dengan standar deviasi 14,57 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,87 dengan standar deviasi 10,70 dan rata-rata postes kelas kontrol 68,68 dengan standar deviasi 12,95. Kedua kelas berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model scientific inquiry berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta model pembelajaran scientific inquiry dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi Kelas XI Semester II SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS T.P. 2018/2019.


Keywords


Quasi Eksperiment, Scientific Inquiry, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D.P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Scinetific Inquiry Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 1 Stabat. Medan: Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan

Bruce Joyce. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Scientific kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hussain, Azeem & Shakoor.2011. Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal Of Humanities and Scocial Science. (19), 269-276.

Lubis, M. Akhyar, Dkk. 2017. Effects Of Scientific Inquiry Learning Model And Logical Thinking Ability Of Senior High School Students Science Process Skills. Medan: Pasca Sarjana Unimed.

Sihotang, Dian Clara. 2014. Analisis model pembelajaran Scientific inquiry dan sikap ilmiah tehadap hasil belajar siswa pada pelajaran fisika. Medan. Pasca Sarjana Unimed.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.14691

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter