PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA PADA MATERI IMPULS, MOMENTUM DAN TUMBUKAN DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.P 2018/2019

Lusi Mardiah, Ratmatsyah Rahmatsyah

Abstract


Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan higher order thinking skills Siswa SMA Muhammadiyah 2 Medan telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran fisika serta mengetahui pengaruh pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen dan X Mia 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk essay test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap kemampuan higher order thinking skills pada materi impuls, momentum, dan tumbukan dan siswa tergolong aktif dalam pembelajaran menggunakan inquiry training.


Keywords


Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. S., (2019),Pembelajaran Berbasis Higher Order Thingking Skill, Tira Smart, Tangerang.

Arikunto, S., (2009), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Dangnga, S., Muhammad., Andi, (2015), Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif, SIBUKU Makassar, Makassar.

Dimyati.,& Mudjiono ,(2013), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Dame., & Manurung,(2016) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Macro Media Flash Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Inpafi, 4(1) :77-85

Fathurrohman, P., & Sutikno., Sobri.,(2017), Strategi Belajar Mengajar, PT Refika Aditama, Bandung.

Fathurrohman, M., (2015), Model – Model Pembelajaran Inovatif, Ar – ruzz Media, Yogjakarta.

Hutapea, F., Motlan., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2) : 55-62

Istiyono, E.,(2017), The Analysis of Senior High School Students’ Physics HOTS,Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science, Jurnal Sains, 4(1) : 3-4

Jailani., (2018), Desain Pembelajaran untuk Melatih Higher Order Thinking Skill, UNY PRESS, Yogyakarta.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E., (2011), Model – Model Pengajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Khaleel, B. Y., (2017), The Effects of Scientific Inquiry Simulations on Students’ Higher Order Thinking Skills of Chemical Reaction and Attitude towards Chemistry, American Journal of Educational Research, 5(11), 1158-1161

Mutyara, R., & Wasis, (2016), Penerapan Pembelajaran Model Guided Discovery Untuk Melatihkan Literasi Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3) : 249-254

Marki, K., Wolly, C., & Ariyanti, E., (2017).,Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA, Arikel Ilmiah, 7(8) :68- 83

Nurliani, N., Subarjah, H., & Sujana A., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam, Jurnal Pena Ilmiah,1 (1) : 981-990

Purwanto.,(2011), Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Provasnik, S. et. Al. 2016. Highlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015 Mathematics and Science Achievement of U.S. Students in Grades 4 and 8 and in Advanced Courses at the End of High School in an International Contex. Department of Education, National Center for Education Statistics.

Rowena D. Resurreccion, Ph.D., (2017), The Effects of Using Videos on Teaching Selected Topics in Physics Towards the Development of Higher-Order Thinking Skills, Journal of Multidisciplinary Research, 2(5) : 38-45

Silitonga, P. M., (2014), Statistika, FMIPA UNIMED, Medan.

Siregar, E., dan Nara, H., (2015), Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indonesia, Bogor.

Slamet, Indah, B.,(2017), Analyzes of students’ higher-order thinking skills of heat and, International Conference on Science and Applied Science , temperature concept, 8(6) : 1-6

Sudjana, N.,(2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudjana.,(2005), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sanjaya,Wina.,(2017), Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta.

Sani, R. A., (2013), Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Sutarno.,(2013), Fisika untuk Universitas, Graha Ilmu, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i1.15093

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter