PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP KELAS X DI SMA NEGERI 1 PERCUT

Muhammad Ismail El, Ida Wahyuni

Abstract


Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) menggunakan mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu untuk mengetahui perbedaan pada dua subjek yang diberi perlakuan berbeda. Sampel dalam penelitian  adalah siswa kelas XMIPA2 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XMIPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 37,08 dengan standar deviasi 9,41 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 37,29 dengan standar deviasi 10,41. Pada pengujian normalitas data Lhitung < Ltabel (0,121 < 0,156) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (1,223 < 1,832). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (0,084 < 1,999) yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal sama. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) menggunakan mind mapping dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran  konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) menggunakan mind mapping adalah 77,91 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 67,70. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) menggunakan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. 

Keywords


Model pembelajaran; Kooperatif; Group Investigation; Mind Mapping;Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arends, R., (2008), Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, S., (2013), Dasar Dasa Evaluasi

Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Buzan, Tony. (2005), The Ultimate Book Of

Mind Maps, Harper Collins Publisher, English.

Giancoli, D. C., (2001), Fisika Edisike Lima

Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Joyce, B.W., dan Calhoun, E., (2009), Models of

Teaching, Model-Model Pengajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kanginan, M., (2006), Fisikauntuk SMA Kelas X, Erlangga, Jakarta.

Retno, C., (2016), Pengaruh Model

Pembelajaran Koooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan Prestasi Belajar Fisika siswa SMA, Vol. 1, Jurnal Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang.

Rosiqoh., (2017), Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton dikelas X Semester I SMA Swasta Praytna Medan TP 2017/2018 Skripsi, FMIPA, Universitas Negeri Medan.

Saleh, A., (2008), Kreatif Mengajar Dengan Mind Map, Tinta Emas P, Bandung.

Setyawan, I. (2018), Pengertian jenis contoh

dan cara membuat mind mappinguntuk kreatif, Di ambil dari https://gurudigital.id/pengertian-contoh-cara-membuat-mind-mapping-unik-kreatif/amp/, (Di akses pada 8 Juli 2019).

Shoimin, A., (2014), Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, AR-RUZZ Media, Yogyakarta.

Siburian, J. A., (2016), Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Pengukuran dikelas X Semester I SMAN 9 Medan TP 2016/2017 Skripsi, FMIPA ,UniversitasNegeri Medan.

Slavin, E. R., (2005), Cooperative Learning, Teori Riset dan Praktik, Penerbit Nusa Media, Bandung.

Sudjana, N. (2005), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil dan Proses BelajarMengajar, PT. Remaja Rosda karya, Bandung.

Trianto., (2009), Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i4.15243

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter