EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BINJAI

mega furi handayani, Ida Wahyuni

Abstract


Penelitian yang berjudul Efek Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai yang bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan Control Group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas control. Instrumen pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap kemandirian belajar siswa pada materi Fluida Statis dan Kemandirian siswa tergolong kategori tinggi dalam pembelajaran menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Edmodo

Keywords


Problem Based Learning, Edmodo, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Aulia Nur Lisa,dkk. Perbandingan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Fluida Dinamis. Unnes Physics Education Journal. ISSN 2252-6935.

Evi T,W. 2015. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemandirian Belajar IPA Siswa kelas IV SD Se-Gugus III Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta. Program Studi sarjana (S1) PGSD Universitas Negeri Yogyakarta.

Fauziah, S. 2015, Februari 5. Menggunakan Teknologi untuk Pendidikan Berkualitas. Dipetik Februari 5, 2019. DariKompasiana:https://www.kompasiana.com/syifafauz00/menggunakan-teknologi-untuk-pendidikan-berkualitas_55547f2b7397733a1490556f.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogo: Ghalia Indonesia

Larasati dan Sukisno,M. 2014. Penggunaan Media Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Lintas Minat Di SMA Negeri 3 Pekalongan. Unnes Physics Education Journal. ISSN 2252-6935.

Muhammad Annas. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

MusliminIbrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Uiversity Press

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorierntasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i1.15257

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter