PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMAN 18 MEDAN
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan STEM pada Materi Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMAN 18 Medan telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dari 4 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk essay test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training dengan pendekatan STEM pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: Inquiry Training, STEM, Kemampuan Berpikir KreatifFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i1.15276
Article Metrics
Abstract view : 118 timesPDF - 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142