PEMBELAJARAN FISIKA MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen, dengan populasi seluruh siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 6 kelas. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan teknik class random sampling, XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen diajarkan model learning cycle 7E dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol diajarkan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari 30 siswa masing-masing kelas yang diberi instrumen penilaian pre test berupa 10 soal esai dan post test berupa penilaian kegiatan keterampilan proses sains. Rata-rata pre test kelas eksperimen adalah 17,33 dan kelas kontrol adalah 14,33. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung<ttabel = 1,861<2.002, berarti kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Rata-rata post test kelas eksperimen adalah 73 dan kelas kontrol adalah 62. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung>ttabel = 3,917>1,671, berarti model pembelajaran learning cycle 7E memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, N. P. S. R, (2012), Pengaruh Model Siklus Belajar 7E terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan, Tesis, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali
Gazali, A., Arif, H., dan Lia, Y, (2015), Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Sains, 3 (1): (10-16)
Hartati, T.A.W., Aloysius, D.C., dan Hadi, S, (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kemampuan Akademik Berbeda, Jurnal Pendidikan Sains, 3 (1): (22-30)
Maida, T dan Sirait, M, (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok fluida Statis di Kelas XI Semester II SMA Dharma Pancasila Medan T.P. 2016/2017, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5 (4): (66-73)
Ngalimun., Fauzani, M., dan Salabi, A, (2015), Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Nismalasari., Santiani., dan Rohmadi, H. M, (2016), Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, Jurnal EduSains, 4 (2): (75-94)
Tania, B dan Murni, (2017), Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3 (1): (66-79)
Wena, M, (2011), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i3.15278
Article Metrics
Abstract view : 337 timesPDF - 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142