PENGEMBANGAN LKS Berbasis CELS (Combining Experiments By Laboratory Simulation) SEBAGAI SOLUSI MISKONSEPSI PADA GERAK DAN GAYA HUKUM NEWTON
Abstract
Abstrak - Tujuan pembelajaran Fisika yang tertuang didalam kerangka kurikulum 2013 ialah menguasai konsep dan prinsip serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi agaknya tujuan pembelajaran Fisika yang telah ditetapkan pemerintah melalui kurikulum 2013 tersebut agak sulit dilaksanakan khususnya buat materi yang berhubungan dengan konsep gerak dan gaya. Maka perlu dikembangkan LKS Berbasis CELS yang dapat menjadi solusi miskonsepsi pada konsep gerak dan gaya hukum Newton. Penelitian ini bertujuan ; 1) Mengetahui pengembangan LKS Berbasis CELS untuk mengatasi miskonsepsi gerak dan gaya pada hukum Newton. 2) Untuk mengetahui uji kelayakan LKS Berbasis CELS sudah sesuai standar BSNP. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan ”Penelitian Pengembangan” (Research and Development). Dimodifikasi dari pengembangan pembelajaran model Borg & Gall.. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretes dan postes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS Berbasis CELS yang dihasilkan menurut penilaian dosen mendapatkan rata-rata skor 3,8 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi lagi sedangkan pemahaman konsep pada hukum Newton mengalami peningkatan masing-masing pada aspek pemahaman konsep Hal ini menunjukkan bahwa LKS Berbasis CELS yang dihasilkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMA sebagai solusi miskonsepsi gerak dan gaya pada hukum Newton.
Abstract - The purpose of Physics learning contained in the 2013 curriculum framework is to master concepts and principles and have the skills to develop knowledge and confidence as a provision to continue education at a higher level and develop science and technology. But it seems that the learning objectives of Physics that have been set by the government through the 2013 curriculum are somewhat difficult to implement, especially for material related to concepts of motion and style. Then it is necessary to develop CELS-based worksheets that can be a misconception solution to Newton's concept of motion and legal style. The purpose of this research; 1) Knowing the development of CELS-based worksheets to overcome misconceptions of motion and force on Newton's laws. 2) To find out the feasibility test of CELS-based LKS is in accordance with BSNP standards. This research was conducted using the "Research and Development" approach. Modified from the development of the Borg & Gall learning model. The data collection instruments used were pretest and posttest understanding concepts. The results showed that the CELS-Based Worksheet produced according to the lecturers' assessment got an average score of 3.8 with a valid category and did not need to be revised anymore while the understanding of the concepts in Newton's law experienced an increase in each aspect of the concept of understanding. This shows that the Worksheet Based on CELS The resulting results are suitable for use as a source of learning for high school students as a solution to the misconception of motion and force on Newton's laws.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Raya Grafindo Persada. Jakarta.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Kemdikbud. 2014. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diunduh pada 20 Agustus 2018 (https://akhmadsudrajat.files.wordpress.co m/2014/11/permendikbud-no-103-tahun-2014.pdf) .
Munir. 2009. Multimedia & Aplikasi Dalam Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Saepuzaman, Duden dkk. 2014. Diagnosis kesulitan – kesulitan siswa dalam konsep Gerak dan Gaya (Sebuah Penelitian Survey). Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2014. Bandung.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Setyosari. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Penerbit Kencana. Jakarta..
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.15342
Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF - 179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142