PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Pidayanti Nasution, Muhammad Kadri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMAS Angkasa 1 Lanud Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk essay berjumlah 8 soal dan lembar aktivitas siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,87 dan kelas kontrol 68,80 dan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 68,44%, pertemuan kedua yaitu 79,33%, dan pertemuan ketiga 87,11%. Analisis uji t diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMAS Angkasa 1 Lanud Medan T.P. 2018/2019.


Keywords


: edmodo, hasil belajar, model pembelajaran problem based learning

Full Text:

PDF

References


Dharmawati., (2017), Penggunaan media e-learning berbasis edmodo dalam pembeajaran english for business, Jurnal Sistem Informasi, 1 (1): 43-49

Kadri.,M & Teguh., F.S, (2018),Blended Learning Berbasis Edmodo, Harapan Cerdas, Medan.

Ngalimun & Fauzani, M., (2015), Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo, Yokyakarta.

Porath, M., & Jordan, E., (2009). Problem Based Learning Communities: Using the Social Environment to Support Creativity, Interdisciplinary Journal of PBL.

Rusaman, (2017),Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi kedua. Rajawali Pres,Jakarta.

Rusman, (2018),Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Prifesionalisme Guru Abad 21, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.15345

Article Metrics

Abstract view : 474 times
PDF - 328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter