Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Kelas X Materi Pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan di SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P.2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan yang layak di gunakan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pempelajaran, respon guru dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fisika dan siswa kelas X MIA 2 SMA Swasta Parulian 1 Medan. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh penilaian ahli materi sebesar 91,7% dengan kategori sangat baik, penilaian ahli pembelajaran sebesar 95,83% dengan kategori sangat baik, dan penilaian guru fisika sebesar 98,43 % dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil sebesar 85% dalam kategori sangat baik dan respon peserta didik pada uji coba kelompok besar diperoleh 83,70% dalam kategori sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil validasi ahli, penilaian guru fisika serta respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa LKPD fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi momentum, impuls dan tumbukan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
ABSTRACT
This study aims to produce Physics LKPD guided inquiry-based in the subject matter of momentum, impulses and collisions that are appropriate to use in the physics learning process in schools based on the assessment of material experts, learning experts, teacher and student responses. This research is a research and development (R & D) research using a 4-D development model. The subjects in this study were physics teachers and students of class X MIA 2 Medan 1 Parulian Private High School. The instruments used in this study were questionnaire validation of material experts, learning experts, questionnaires response of teachers and students. The data analysis technique in this study is descriptive. From the results of the data analysis, the assessment of material experts was 91.7% with very good categories, expert learning assessments of 95.83% with very good categories, and physics teacher ratings of 98.43% with very good categories. The response of students in a small group trial of 85% in a very good category and the response of students in a large group trial obtained 83.70% in the excellent category. So based on the results of expert validation, the physics teacher's assessment and the students' responses, it can be concluded that physics LKPD guided inquiry-based in momentum material, impulses and collisions is appropriate to use in the learning process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2007), Media Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Azizah, A. N., (2016), Pengembanga Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Kelas IX Semester II, Tesis, Universitas Negeri Medan.
Fathurrohman, Muhammad (2015), Model- Model Pembelajaran Inovatif, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.
Hamidah, N., H, S., W.S., (2018), Efektivitas lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12 (2) 2212-2223.
Hutahaean, J., dan Daforosa, H., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided inquiri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II SMA negeri 12 Medan T.P.2015/1016, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan , Vol 2 (3).
Lase, N. K., Herbert, S., Fauziyah, H, (2016), Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII, Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2) 99-107.
Permendikbud, (2013), Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah, Nomor 69 Tahun 2013, Jakarta
Permendikbud, (2013), Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Nomor 65 Tahun 2013 depdiknas, Jakarta.
Permendikbud, (2013), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia , No 81 A Tahun 2013, Jakarta.
Prastowo, (2011), Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Diva Press, Yogyakarta.
Slameto, (2013), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rhineka Cipta, Jakarta.
Sukma., Kommariyah, L., Syam, M., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided inquiri) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika siswa, Saintifika Vol 18 (1)
Suratni dan Paat, (2014), Penelaahan Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, dan Kegrafikaan, Jurnal Publipreneur, 3 (2).
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Kencana Prenadamedia Grup, Jakarta.
Widjajanti, E., Eli, R., dan Regina t.p., (2008), Kualitas LKS: http://staff.uny.ac.id.
Thiagarajan, S., Semmel, D., dan Semmel, M., (1974), Instructional Development for Training Teacher of Expectional Children, University of Mnnesota, Minneapolis.
Ulfah, A., Bintari, S. dan Pamelasari, S., (2013), Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected, Unnes Science Education Journal, Hal 239-44.
Zahro, U., L., Serevina, V., & Astra, M., (2017), Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2 (1) 63-69.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.15350
Article Metrics
Abstract view : 608 timesPDF - 270 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142