Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Fluida di SMA/MA

Triwahyu Ramadhani, Sahyar Sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal tes objektif Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi fluida di SMA/MA yang memenuhi kualifikasi baik, meliputi aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi dari tes objektif HOTS Fisika materi Suhu dan Kalor di SMA/MA adalah Sangat Valid dengan persentase 98,7%. Ditinjau dari validitas empiris, diperoleh 29 butir soal (58%) valid dan 21 butir soal (42%) tidak valid. Reliabilitas tes tinggi, yaitu 0,89. Dari penelitian ini diperoleh tes objektif HOTS materi Fluida sebanyak 29 soal, meliputi 10 soal (34,6%) mengenai prinsip Archimedes, 6 soal (20,7%) mengenai Hidrostatis, 6 soal (20,7%) mengenai persamaan Bernoulli, 5 soal (17,2%) mengenai persamaan Kontinuitas, 1 soal (3,4%) mengenai Hukum Pascal, dan 1 soal (3,4%0 mengenai prinsip Tegangan Permukaan. Tes HOTS ini dapat digunakan sebagai tes standar untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Fluida di SMA/MA.

 

ABSTRACT

This research aims to develop objective physics test questions on Higher Order Thinking Skill (HOTS) in fluid in SMA/MA that meet good qualifications, including aspects of validity, reliability, differentiation, level of difficulty, and effectiveness of deception. This type of research is research and development (R&D), with a model of Borg and Gall. The results of the research showed that the content validity of the objective test HOTS Physics of Temperature and Heat in SMA/MA was Very Valid with a percentage of 98.7%. Judging from empirical validity, 29 items (58%) were valid and 21 items (42%) were invalid. Test reliability is high, which is 0.89. From this research, objective test HOTS was obtained for the material Fluid as many as 29 questions, including 10 questions (34,6%) about Archimedes principle, 6 questions (20,7%) about hydrostatic, 6 questions (20,7%) about Bernoulli equation, 5 questions (17,2%) Continuity equation, 1 question (3,4%) about Pascal’s Law, and 1 question (3,4%) about equation Surface Tension. This HOTS test can be used as a standard test to measure the students’ higher order thinking skill in the material Fluid in SMA/MA.


Keywords


Kata Kunci : Tes Objektif HOTS, Fluida, Validitas, Reliabilitas

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brookhart. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills. Alexandria: ASCD.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Analisis Butir Soal di SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma Wardany, Sajidan, Murni Ramli. (2017). Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur High Order Thinking Skills Siswa. Jurnal Inkuiri , 1-16.

Lewy, Zulkardi, Nyimas Aisyah. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika , 14-28.

Lindawati, Antomi Siregar, Yuberti. (2016). Pengembangan Instrumen Authentic Assesment Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan (hal. 140-149). Bandar Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulaningtyas, Ratna Candra & Sukanti. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 7, 1-18.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.15351

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter