PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI MAN 3 MEDAN
Abstract
Penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Menggunakan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran berpikir induktif menggunakan Mind Mapping dan pembelajaran konvensional.. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment, dan pengambilan sampel dilakukan secara Class Random Sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep peserta didik. Dari analisa data untuk pemahaman konsep kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pretest 35,20 dan Postest 79,57. Kelas kontrol diperoleh rata-rata Pretest 32,26 dan Postest 63,87. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran berpikir induktif menggunakan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke kelas XI semester I Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Rata-rata nilai aktivitas peserta didik di kelas eksperimen diproleh 71,72% dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata nilai pembuatan Mind Mapping diperoleh 80,16% dengan kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Billing, H., 2013, Effect of Inductive Thinking Model on Achievement Motivation of Student to their Learning Approach, Abhipur, Indo Global College of Education. International Journal of Education and Phsychologi Reserch (IJEPR), Vol. 2, No. 4
Buzan, Tony., 2007, Buku Pintar Mind Map Untuk Anak, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Eko dan Astuti M., 2015, Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 1
Herdin, 2017, 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius, Gramedia, Jakarta
Hosnan, M., 2014, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor
Joyce, B. dkk., 2009, Models of Teaching, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Sagala, Syaiful., 2013, Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
Saleh, Andri., 2008, Kreatif Mengajar Dengan Mind Map, Tinta Emas, Bandung
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta
Tiara, Asiah, dan Fauziah, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar, Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan
Uswatunisa dan Santiani, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif Pada Pateri Pokok Zat Dan Wujudnya, EduSains.,Vol. 3, No1
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.15418
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142