Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA T.P 2019/2020

Parasian Sitinjak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire untuk pembelajaran materi hukum newton, 2) Mengetahui kevalidan media pembelajaran fisika menggunakan Lectora Inspire untuk materi hukum newton, 3) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran lectora inspire oleh pendidik dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain 4-D (define,, design, develop and desiminate) dengan kelompok kecil berjumlah 10 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator ahli media tergolong pada kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 80%, hasil penilaian oleh pendidik menunjukkan persentase 78% dengan kategori baik, dan pada uji kelompok kecil terhadap kualitas multimedia pembelajaran dengan kategori Baik (B) dengan persentase 78%. Berdasarkan hasil uji kualitas dan hasil uji tanggapan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis Multiple Level Representasi layak digunakan.


Keywords


Pendidikan Fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.15786

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter