Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire untuk pembelajaran materi hukum newton, 2) Mengetahui kevalidan media pembelajaran fisika menggunakan Lectora Inspire untuk materi hukum newton, 3) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran lectora inspire oleh pendidik dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain 4-D (define,, design, develop and desiminate) dengan kelompok kecil berjumlah 10 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator ahli media tergolong pada kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 80%, hasil penilaian oleh pendidik menunjukkan persentase 78% dengan kategori baik, dan pada uji kelompok kecil terhadap kualitas multimedia pembelajaran dengan kategori Baik (B) dengan persentase 78%. Berdasarkan hasil uji kualitas dan hasil uji tanggapan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis Multiple Level Representasi layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.15786
Article Metrics
Abstract view : 341 timesPDF - 298 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142