Uji Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Momentum dan Impuls
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.18207Keywords:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Powtoon, Momentum Dan ImpulsAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika multimedia interaktif pada materi pokok momentum dan impuls yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon mahamahasiswa setelah menggunakan mutimedia interaaktif yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahamahasiswa kelas Fisika Dik D 2017, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas berjumlah 15 orang mmahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli media, dan angket respon peserta didik terhadap multimedia interaktif fisika berbasis powtoon. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli media pembelajaran 71,6% dengan presentese tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon mahasiswa dengan sampel 15 orang sebesar 86,06% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik dapat disimpulkan multimedia interaktif fisika berbasis powtoon pada materi pokok momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaranReferences
Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.
Arina, Ulfa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Media Powtoon Pada Siswa Kelas III MI Ma™arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Sipayung, M. 2017. Metode Penelitian. Medan : UNIMED
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-11. Bandung : Alfabeta
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar, Syahrul, dkk., 2017. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edutcehnologia. 3(2).
Giancoli. 2009. Fisika Untuk Universitas Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kanginan, Marthen. 2014. FISIKA untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
Kemendikbud, (2013). Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Maesyarah, Ayu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Dinamika Kelas X. Skripsi. Universitas Islam Negeri Intan Lampung.
Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Prastowo, A., (2014),Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Kencana Predana Group,Jakarta.
Sanjaya, W. 2011. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Trianto, (2009), Mendesaian model Pembelajaran Inovatif-progresif, Kencana, Jakarta.
Trianto, (2011), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis, Prestasi Pustaka, Jakarta. Mahasiswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1): 23-33.
Villar, Mayra Aixa. 2013. Developing A Mobile Learning Strategi. Amerika: ASTD
Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).