Uji Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Momentum dan Impuls

RIKARDO - SITOHANG, Yeni Megalina

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika multimedia interaktif pada materi pokok momentum dan impuls yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon mahamahasiswa setelah menggunakan mutimedia interaaktif  yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahamahasiswa kelas Fisika Dik D 2017, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas berjumlah 15 orang mmahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli media, dan angket respon peserta didik terhadap multimedia interaktif fisika berbasis powtoon. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli media pembelajaran 71,6% dengan presentese tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon mahasiswa dengan sampel 15 orang sebesar 86,06% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik dapat disimpulkan multimedia interaktif fisika berbasis powtoon pada materi pokok  momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaran

Keywords


Pengembangan, Multimedia Interaktif, Powtoon, Momentum Dan Impuls

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.

Arina, Ulfa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Media Powtoon Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Sipayung, M. 2017. Metode Penelitian. Medan : UNIMED

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-11. Bandung : Alfabeta

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, Syahrul, dkk., 2017. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edutcehnologia. 3(2).

Giancoli. 2009. Fisika Untuk Universitas Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kanginan, Marthen. 2014. FISIKA untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Kemendikbud, (2013). Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Maesyarah, Ayu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Dinamika Kelas X. Skripsi. Universitas Islam Negeri Intan Lampung.

Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Prastowo, A., (2014),Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Kencana Predana Group,Jakarta.

Sanjaya, W. 2011. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Trianto, (2009), Mendesaian model Pembelajaran Inovatif-progresif, Kencana, Jakarta.

Trianto, (2011), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis, Prestasi Pustaka, Jakarta. Mahasiswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1): 23-33.

Villar, Mayra Aixa. 2013. Developing A Mobile Learning Strategi. Amerika: ASTD

Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.18207

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter