PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK SISWA/I KELAS XII IPA SEMESTER I TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkang media video animasi berbasis videoscribe sebagai media belajar, dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media videoscribe pada materi listrik statis. Subjek dari penelitian ini yaitu 15 orang mahasiswa kelas Fisika Dik 2017 di Universitas Negeri Medan. Objek dari penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 10 butir aspek penilaian terhadap media yang ditampilkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini bermaksud untuk mencari informasi dan data yang dapat digunakan untuk menguji kelanyakan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi listrik statis yang diujikan pada kelas Fisika Dik D 2017. Hasil analisis data menunjukkan media layak digunakan sebagai media belajar dengan persentase kelayakan sebesar 80% dengan kategori baik atau valid. Tanggapan mahasiswa terhadap media videoscribe sebesar 78,93% sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan tanggapan mahasiswa terhadap media video animasi berbasis videosrcibe dengan materi listrik statis dapat dikategorikan sangat baik.
Keywords
Pengembangan media; videoscribe; listrik statis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i1.18213
Article Metrics
Abstract view : 93 timesPDF - 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142