Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika pada Materi Teknologi Digital Kelas XII SMA T.P 2019/2020

Yeni Megalina, Parasian Sitinjak

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran fisika pada materi teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) Mengembangkan media pembelajaran Video untuk siswa SMA kelas XII , (2) Mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran Video untuk siswa SMA kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D, yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2). Perancangan (design), (3) Pengembangan (develop), dan (4) dan penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian yaitu menggunakan instrumen angket untuk kevalidan media dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran berbasis video dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 62% dan berdasarkan respon penilaian mahasiswa melalui uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84% dengan klasifikasi sangat setuju menggunakan media pembelajaran ini. Dengan demikian media pembelajaran berbasis video pada materi teknologi digital kelas XII SMA layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Fisika

Full Text:

PDF

References


Andriyani, dkk. 2016. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 2, No. 3, ISSN : 2407-6902

Arief S. Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Herianto, Zuhdan, dkk. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Lectora Inspire

untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Pengembangan Multimedia Pembelajaran.

Nina, Gunawan dan Harjono. 2016. Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 2, No. 2, ISSN : 24017-6902.

Tanjung, Ratna. 2019. Media Pendidikan Sains.

Medan : UNIMED Press

Yoto, dkk. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajarann Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 2


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter