Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning berbasisi Google Classroom pada mata pelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA

Yeni Megalina, Safitri Ramadhani

Abstract


ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan tujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif fisika pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Google Classroom. Penelitian dan pengembangan sebagai suatu proses untuk mengembangkan dan memvalidisi produk-produk yang akan digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah mahasiswa kelas Fisika Dik D 2017 sebanyak 15 orang. Objek penelitian kelayakan media Google Classroom. Instrumen penlitian yang digunakan lembar angket. Data yang di peroleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor jawaban angket penilaian dari validator terhadap produk yang dikembangkan oleh peneliti yakni multimedia interkatif pada Google Classroom pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke sedangkan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan validator, guru dan siswa tentang multimedia interkatif pada Google Classroom pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. (1) Data diperoleh berupa daftar check list yang dirangkum dalam bentuk skala Linkert yang telah diberi skor . (2) Menghitung tingkat kelayakan dengan rumus. (3) Dari hasil perhitungan rumus diatas, hasilkan dalam bentuk persen. Klasifikasi skor tersebut selanjutnya diubah menjadi klasifikasi dalam bentuk persentase.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Elastisitas Dan Hukum Hooke, Google Classroom


Keywords


Pendidikan fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.18260

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter