EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN T.A 2018/2019

Desi Efriliani, Nurdin Bukit, Nurdin Bukit

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi (Physics Education Tecnology) PhET, dan mengetahui aktivitas kemampuan berfikir kritis siswa dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi PhET. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Desain penelitian ini two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang terdiri dari sepuluh kelas MIA. Sampel penelitian ini  yaitu kelas XMIA-2sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berfikir kritis yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal sama. Diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi PhET dan konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 89,5 dan kelas kontrol 87,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada efek model inquiry training  berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok gerak harmonik sederhana di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Medan T.A 2018/2019 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas kemampuan berfikir kritis pada setiap pertemuan.

ABSTRACT

 

This study aims to determine the critical thinking skills of students taught with inquiry learning models assisted training (Physics Education Technology) PhET, and determine the activities of students' critical thinking skills with inquiry learning models assisted by PhET simulation training. This type of research is quasi experiment. The study design was two group pretest-posttest. The population in this study were all students in class X of ten MIA classes. The sample of this study was class X MIA-2 as the experimental class and class X MIA-3 as the control class, each of which amounted to 36 people determined by Cluster Random Sampling. The instrument used was a test of critical thinking skills which numbered 10 questions in the form of an essay test. The results of data analysis using the t test obtained the average value of the experimental class pretest and the control class had the same initial ability. Different treatments were given, the experimental class with the inquiry learning training model assisted with PhET simulation and conventional in the control class, the mean scores of the experimental class posttest 89.5 and the control class 87.83. Based on the results of the t test, there is an effect of the inquiry training model assisted by PhET simulation on students' critical thinking skills in the subject matter of simple harmonic motion in class X Semester II SMA Negeri 1 Medan T.A 2018/2019 which is in line with the increasing activity of critical thinking skills at each meeting.


Keywords


inquiry training, kemampuan berfikir kritis, (Physics Education Tecnology) PhET

Full Text:

PDF

References


Ardiana, G.P, Pasaribu, M dan Syamsu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 6(4), 1-6.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ginting, Fajrul. W dan Bukit, N. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 14-20.

Harefa, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, 10(2), 1847-1853.

Hutagalung, A. (2013). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Media Komputer Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 9-16.

Hutapea, F., & Motlan. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 55-62.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. (2009). Model-Model Pengajaran edisi kedelapan (penerjemah: Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Maharani, E., Bukit, N., dan Sinulingga, K. (2017). Efek Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 1-6.

Maryono. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di MAL IAIN SU Medan. Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian, 389-399.

Masruroh, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 12 Surabaya. e-Journal Pendidikan Sejarah, 5(3), 1-16.

Muliati, S dan Bukit, N (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 1-4.

Nababan, E.d dan Sirait, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Raya. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(3), 6-10.

Panggabean, J.H dan Tampubolon, I.K.S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optika Geometris di Kelas X SMAN 2 Kabanjahe T.P. 2014/2015. Jurnal Inpafi, 4(2), 1-8.

Rambe, A.S dan Ritonga, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P 2015/2016. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1-9.

Siagian, H.E, Bukit, N dan Derlina. (2016). Efek Model Inquiry Training Menggunakan Macromedia Flash dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 1-8.

Syafitri, R., Asyhar, R, dan Asrial. (2016). Pengaruh Model Inquiry Training dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Edu-Sains, 5(1), 1-9.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Perdana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.18394

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter