PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019

Citra Maya Sari, Ida Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efek penggunaan model problem based learning menggunakan PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok gerak harmonik sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 orang.  Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning menggunakan PhET berpengaruh positif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa daripada siswa yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 16,23 dan rata-rata pretes kelas kontrol 15,92. Untuk nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,83 dan rata-rata postes kelas kontrol 67,27.

 

ABSTRACT

This research purposed to see the effects to problem based learning using PhET the ability to problem solving in the basic ingredients of simple harminic motion. This type of research is quasi-experimental with the design of pretest-posttest groups. The population in the study was all students of class X of State high school 2 Percut Sei Tuan in the even semester T.P. 2018/2019 which consists of 5 classes with a total of 160 students. Sampling with cluster random sampling technique to determine experimental class and control. The data collection technique used is  a test in the form of a problem solving ability instrument. Data analysis techniques used are the t test. The results of the analysis of the research data show that the learning  model of problem based learning using PhET is positive effect and was able to improve student problem solving that student who used conventional methods. The test results obtained by the average value of the experimental class pretest 16,23 and  the average value of the pretest control class 15,92. For the posttest value of  the experimental class 71,83 and the average posttest  control class  67,27.

 


Keywords


Problem Based Learning, PhET, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arends R I. (2013). Belajar Untuk Mengajar ( Learning To Teach) (Ed.9 ed.). Jakata: Salemba Humanika.

Heller, P. (1992). Teaching Problem Solving Trough Cooperative Grouping Part I. Group versus individual problem solving. Am.Phys.

Kemristekdikti. (2018a). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://www.ristekdikti. go.id/pengembanganiptek-dan-pendidikan- tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/.

Reddy, M. V., & Panacharoensawad, B. (2017). Students Problem-Solving Difficulties and Implications in Physics An Empirical Study on Influencing Factors. Journal of Education and Practice, 8(14), 59-62.

Redhan, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis. Universitas Pendidikan Ganesha, 76-86.

Sihaloho, S., & M, G. E. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model toward Student’s Creative Thinking and Problem Solving Ability in Senior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(4), 11-18.

Sinuraya, D. S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Sma N 5 Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 5(2), 35-39.

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., & Ibrohim, &. S. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal,, 3(1), 81-82.

T, J., & Hikmawati, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II(1), 7-12.

Wanya C.S. (2016). Performance And Determinants Of Problem Solving Among College Physics Students. International Journal Of Advanced Research In Management And Social Sciences, 5 (6).




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.18395

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter