Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA

Uli Rohana Sihombing, Juru Bahasa Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap  keterampilan  proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan  two  group pretest-postest  design, dengan sampel penelitian dua kelas, kelas eksperimen (XI MIA 2) dan kelas kontrol (XI MIA 4) . Instrument yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah di validasi oleh validator. Data yang diperoleh antara lain hasil pretes dan postes. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan  statistik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019.

ABSTRACT

This research is aimed to determine the effect of guided inquiri learning model toward student’skill process science in the subject matter of  temperature and heat in SMA Negeri 9 medan. This research is quasi experiment with two group pretest-postest design, with the samples two classes, the experiment class (XI MIA 2) and a control class (XI MIA 4) The instrument used to determine skill process science are essay test thet has been validated by validator. Athe data obtained are t6he result of pretet and postest. Furthermore, the data is analyzed statistically consisting of normality test, homogeneity and hipotesis testing. The result showed that there was a significant effect on the model of guided inquiry learning toward skill process science of student in the subject matter temoperature and heat fopr the class XI SMA Negeri 9 Medan T.P 2018/2019.


Keywords


Guided Inquiry, Skill Process Science and Conventional.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., (2012), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, N, Indrawati, Harijanto, A, (2014), Penerapan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X C Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3: 235-2s41.

Hamalik,Oemar.2013.Proses Belajar Mengajar,Jakarta:PT. Bumi Aksara

Kuhlthau, C Carol, Leslie K Maniotes dan Ann K Caspari, (2007) Guides Inquiry Learning IN The 21ST Century, London Libraries Unlimited.

Kuhlthau, C C, Leslie K Maniotes dan Ann K Caspary, (2012), Guided Inquiry Design a Framework In Your School, Unlimited Libraries, London.

Rizal, M, (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Sains Vol 2: 2338-9117.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, (2013), Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wahyudi, L.E.W, Imam S.Z.A. (2013), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di Sman 1 Sumenep, Jurnal I Pendidikan Fisika, Vol 02 No 02 Tahun 2013, 62 – 65.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.18399

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter