PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 STABAT

Qhathrin Nada, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok momentum dan impuls. Penelitian menggunakan desain two group pretest and postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA 4 yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol X MIA 3 yang diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes essai sebanyak 5 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa sebelum perlakuan pada kelas kontrol rata-rata adalah 54,03% dan kelas eksperimen adalah 58,7% Setelah diberikan perlakuan, diperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 64,19% dan kelas eksperimen adalah 71,45%. Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X SMAN 1 Stabat 2018/2019.

ABSTRACT

The purpose of the research is to find out the effect of the Inquiry Training learning model to improve students critical thinking skills in the subject matter of momentum and impuls. The two group pretest and posttest design was use in this study.The population in the study was all of students in SMAN 1 Stabat of 6 classes. The research sample was selected by cluster random sampling. The X MIA 4 is an experimental class which is involved in the Inquiry Training models and X MIA 3 is a control class that following conventional learning. The data were collected by 5 essay tests which were validated first. Analysis of the data used is to use the t test. Analysis of critical thinking skills before treatment in control class was 54.03% and the experimental class was 58.7%. After the treatments, researcher found that the data of critical thinking skills in control class was 64.19% and the class the experiment was 71.45%. This research shows that there is a significant influence on students critical thinking skills with the Inquiry Training models on momentum and impuls class X of SMAN 1 Stabat 2018/2019.


Keywords


Inquiry Training, Kemampuan Berpikir Kritis, Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


Agustina, S. A., Lihawa, F., & Abdjul, T., (2016), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika, Gorontalo, Vol 2, No. 4

Anam, K., (2017), Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Damanik, D.P., & Bukit, N., (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT), Jurnal Jurusal Pendidikan Fisika : 2 (1)

Daren, M. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on student’s critical-thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education : 12(12), 2887-2908.

Derlina., & Nasution, A. L. 2016. Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media Visual dan Kreativitas terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Cakrawala Pendidikan, Juni 2016, Th. XXXV, No. 2

Eviyona., & Sani, R.A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), Vol. 5: 16-22

Fernandez, B. F. 2017. Action Research in The Physics Classroom: The Impact of Authentic, Inquiry Based Learning or Instruction on The Learning of Thermal Physics. Asia-Pacific Science Education (2017) 3:3.

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kurniawati, D, I., & Diantoro, M, W. 2014. The Effect of Peer Instruction Integrated Guided Inquiry Learning on Concepts Acquisition and Critical Thinking of Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 10 (2014) 36-46.

Purwanti, S., & Manurung, S. 2015. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Sikap Ilmiah terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4: 57-62.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, A. R., & Aulia, S. 2018. Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training pada Materi Pokok Momentum dan Impuls di Kelas X SMA Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 4: 1-6.

Sani, R. A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Suryanti. 2018. The Application of Inquiry Learning to Train Critical Thinking Skills on Light Material of Primary School Students. Journal of Physics, Vol. 108: 1-7.

Tanjung, R. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Medan : Harapan Cerdas Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.18400

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter