PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU ALGODOO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA

Jefri Sanjani, Ratna Tanjung

Abstract


Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akibat penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantu algodoo terhadap keterampilan proses sains di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jenis penelitian ini  quasi eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttets design. Sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Hasil penelitian dari uji t dua pihak (pretes) menunjukkan nilai thitung = 1,489 dan ttabel = 1,998 maka thitung<ttabelyang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.Untuk nilai dari uji t satu pihak (postes) menunjukkan nilai thitung = 3,881 dan ttabel = 1,669 maka thitung> ttabel yang berarti keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantu algodoo lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

Abstract. This study aims to determine the effect due to the use of inquiry learning training model of algodoo assisted science process skills in classX SMA N 1Rantau Utara. This research is a quasi-experimental study with the design of control group pretest-posttest research design. Sample selection is  using  cluster random sampling technique in as  many as two classes.The results of the two-party t-test (pretest) showed a value of tcount= 1,489 and ttable = 1,998, then tcount< ttable, which means  two classes have the same initial ability. And the result of the one-party t test (posttest),  it shows  the value of tcount = 3,881 and ttable = 1.669, then tcount> ttable which means science process skills students who use the inquiry learning model algodoo assisted training are better than conventional learning.


Keywords


Model Pembelajaran, Inquiry Training Berbantu Algodoo, Keterampilan Proses Sains.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., & Derlina., (2015), Efek Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kemampuan Berfikir Logis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (2) : 63-68

Aminah, T, & Mukti, (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Ttaining Berbantuan Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed, 3 (2) : 75-81

Hutahaean, J., & Atikah PL., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2 (2) : 19-24Joyce, B., Marsha W., & Emily C., (2016), Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan (Achmad F & Ateilla M, Penerjemah), Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Murtiningsih, E., & Alkhafi MS., (2016), Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2 (6) : 1-7Rao, B., & Uyyala N., (2008), Science Proccess Skills of School Students, Discovery Publishing House, New Delhi

Sadiman., (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Press , Jakarta

Sakdiah, H, & Sahyar, (2014), Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantukan Handout Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains, Jurnal Pedndidikan Fisika, 5 (2) : 33-39)

Sipapaga, DS., & Ida Wahyuni., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis, Jurnal Inpafi, 3 (4) : 20-16

Sudjana, (2005), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung

Tanjung., (2013), Evaluasi Hasil Belajar Fisika, Unimed Press, Medan

Trianto., (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Penerbit Kencana Prenada Media, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18563

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter