EFEK PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU T.P 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendorong upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Permaslahan dalam penelitian ini ialah masih banyaknya pendidik dan peserta didik yang belum memaksimalkan akses internet di era globalisasi seperti saat ini. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pangkalan Susu, bertujuan untuk mengeahui : 1) aktifitas siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Blended Learning; 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Blended Learning, 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional 4) pengaruh yang signifikan menggunakan pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan quasi experiment pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIA1 dan kelas kontrol X MIA3 yang berjumlah 35 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari instrument tes berupa soal objektif untuk menilai hasil belajar siswa dan instrument non tes berupa lembar observasi untuk menilai aktivatas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang dibelajarkan dengan pembelajaran Blended Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 73,52 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 63,05. Hasil observasi didapatkan rata-rata aktivitas siswa 71,85 dalam katagori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar fisika siswa.
ABSTRACT
The development of science and technology that drives renewal efforts in the utilization of technological results in the teaching and learning process. The issue in this study is that there are still many educators and students who have not maximized internet access in the current era of globalization. This research was conducted at Pangkalan Susu 1 High School, aimed at knowing: 1) student activities taught with Blended Learning; 2) student learning outcomes using Blended Learning, 3) student learning outcomes using conventional learning 4) significant influence using Blended Learning. This study is a quasi-experimental sampling by cluster random sampling. The two classes that became the study were the experimental class X MIA1 and the X MIA3 control class which amounted to 35 students. The instrument used consisted of test instruments in the form of objective questions to assess student learning outcomes and non-test instruments in the form of observation sheets to assess student activities. The results showed that the learning outcomes learned with Blended Learning were higher than students taught with conventional learning. The average student learning outcomes of the experimental class is 73.52 while the average learning outcomes of the control class students are 63.05. The results of the observations obtained an average student activity of 71.85 in the good category. Based on these results it can be concluded that there is a positive influence on the use of Blended Learning learning on student physics learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bukit. N, Sinuraya. J.B, Tarigan. R, (2013), Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Contextual Teaching dan Learning dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum I, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9(1) 18-27
Ekawati, E. Noor., (2018), Penerapan Blanded Learning Dengan Aplikasi Edmodo Berbasis Strategi Pembelajaran Pdeode Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 8(1). 7-16
Hermawanto, Kusairi S, Wartono, (2013), Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9. 67-76
Jusuf Heni,(2017). Model Blended Learning Berbasis Tekhnologi Informasi Dalam Pembelajaran Algoritma Dan Pemrograman, Jurnal Jutisi, 6(2).1449-1588
Khoiroh Ni’matul, Munoto, Dan Anifah L.,(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 10(2). 97-110
Rizkyah, Apriliya. (2015). Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di Kelas X TGB Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 1(1) . 40-49
Luntungan, L. Novi, Surantoro, Wahyuningsih D., (2013). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Fisika Kelas Viiia Smp Negeri 1 Mantingan 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1). 64-73
M Galang Akhbar , Suryaningtiyas W, Kristanti F, (2016). Penggunaan Model Pembelejaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Viii Di Smpn 38 Surabaya, Journal Of Mathematics Education, Science And Technology. 1(1). 10-20
Murniati, R., Diani., (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Blanded Learning Di Sma Negeri 7 Kediri. Unesa Journal Of Chemical Education. 2(3). 133-137
Saadjad Y. Danti, Hatibe A, Dan Saehana S., (2016). Perbandingan Metode Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Powerpoint Dipandu Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Di Smp Negeri 7 Palu Dan Smp Negeri 9 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(2). 35-44
Setioko, B.D., Hndramawan, P., & Hariwibowo, A., (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Sebagai Multimedia Interaktifvisual Macromedia Flash Sebagai Modul Perkuliahan Motor Listrik Arus Bolak Balik, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 1(2). 77-80
Syukur, B. Sulihin., (2012). Pengaruh Bended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3). 368-378
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18802
Article Metrics
Abstract view : 475 timesPDF - 385 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142