PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK

Dewi Sinta Wati, Teguh Febri Sudarma

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kelayakan dan efektifitas dari model pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah research and development, dengan 4D models. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Wira Jaya Tanjung Morawa pada semester genap T.P. 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 116 orang. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas diambil dari populasi yaitu kelas X TKR yang berjumlah 30 orang. Pengujian validitas media dan materi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 guru mata pelajaran fisika. Uji efektifitas menggunakan uji N Gain diperoleh dari hasil pre-test dan pos-test menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah divalidkan. Hasil penelitian diperoleh dari validasi oleh ahli media dan ahli materi yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan uji validitas oleh ahli media sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 95% dan 94% termasuk kedalam kriteria sangat valid, sedangkan uji validitas oleh ahli materi sebanyak dua ahli diperoleh persentase sebesar 93,90% dan 81,50% termasuk kedalam kriteria sangat valid. Kelayakan model blended learning menggunakan aplikasi edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan kelas X pada materi suhu dan kalor dinyatakan layak dengan memperoleh skor rata-rata 2,98 dan respon peserta didik sebesar 88% yang artinya media yang dikembangkan bisa diterima dengan sangat baik. Keefektifan model blended learning menggunakan aplikasi edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan kelas X pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan, efektif digunakan dillihat dari hasil uji keefektifan dengan rata-rata N Gain 0,54 - 0,70 dengan kriteria sedang dan 0,71 – 0,80 dengan kriteria tinggi.

ABSTRACT

This research aims to determine the validity, feasibility and effectiveness of the learning model developed. This type of research is research and development, with 4D models. The population in the study was all students of class X of Wira Jaya Tanjung Morawa Private Vocational School in the even semester T.P. 2018/2019 which consists of 3 classes with a total of 116 students. The research subjects consisted of one class taken from the population, namely class X TKR, which amounted to 30 people. Testing the validity of the media and material is carried out by 2 material expert validators and 2 media expert validators. The feasibility test is carried out by 2 physics subject teachers. The effectiveness test using the N Gain test was obtained from the results of the pre-test and post-test using multiple choice tests totaling 20 validated questions. The results of the study were obtained from validation by media experts and material experts who have been declared valid. Based on the validity test by the media experts as many as two experts obtained a percentage of 95% and 94% included in the criteria are very valid, while the validity test by material experts as many as two experts obtained a percentage of 93.90% and 81.50% included in the criteria is very valid. The feasibility of the blended learning model using the edmodo application at the tenth grade Vocational High School on the material of temperature and heat was declared feasible by obtaining an average score of 2.98 and the response of students by 88% which meant that the media developed could be very well received. The effectiveness of the blended learning model uses the edmodo application in class X Vocational High School on the material of temperature and heat developed, the effective use is seen from the results of the effectiveness test with an average N Gain of 0.54 - 0.70 with medium criteria and 0.71 - 0 , 80 with high criteria.


Keywords


Blended Learning, Edmodo, Pengembangan, SMK, Suhu Kalor

Full Text:

PDF

References


Aeni, Nur., Prihatin, Titi., dan Utanto, Yuli., (2017), Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, Vol. 2: 1-14.

Al-Said, Khaleel M., (2015), Students Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barries towards them, The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 14: 1-14.

Alwan, Muhammad., (2017), Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 4: 1-12.

APJII., (2017), Buletin APJII Edisi-22, Penerbit Publisher, Jakarta.

Arsyad, Azhar., (2013), Media Pembelajaran, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Bibi, Sarah., (2015), Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman, Jurnal pendidikan Vokasi, Vol. 5: 1-14.

Depdiknas, (2003), Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Balai Pustaka, Jakarta.

Dwigoyo, Wasis, D., (2018), Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Penerbit PT Raja Grafindo Peersada, Jakarta.

Ekayati, Rini., (2017), Optimalisasi Aplikasi Edmodo dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa pada Mata Kuliah Literary Criticism di FKIP UMSU, Jurnal Edutech, Vol. 3: 1-18.

Fadila, Nurul., dan Derlina., (2018), Meningkatkan Kemampuan Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Berbantuan Edmodo, Jurnal Edutech, Vol. 17: 1-12.

Freedman, Roger A., Young, Hugh D., (2001), Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Giancoli, Douglas C., (2001), Fisika Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hermawanto., Kusairi. S., dan Wartono., (2013), Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 9: 1-10.

Irmade, Oka., dan Widjanarko, Paulus., (2017), Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PG-PAUD UNISRI Tahun Akademik 2016/2017, Research Fair Unisri, Vol. 1: 1-6.

Ishaq, Mohamad., (2007), Fisika Dasar Edisi 2, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Jalinus, Nizwardi., dan Ambiyar., (2016), Media dan Sumber Pembelajaran, Penerbit Kencana, Jakarta.

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., dan Calhoun, Emilly., (2009), Model-Model Pengajaran, Penerbit Pustaka Pelajar, Jakarta.

Jusuf, Heni., (2016), Pengembangan Blended Learning Untuk Memotivasi Peserta Didik Dalam Memahami Materi Ajar, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol. 3: 1-9.

Kanginan, M., (2007), Fisika Untuk SMA Kelas X, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kurniawati, Rita., dan Djuniadi., (2015), Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo Di Sekolah Menengah Kejuruan, IJCETS, Vol. 2: 1-8.

Manurung, A.A., Daulay, Asrul., dan Noviyanti, M., (2013), Media Pembelajaran, Penerbit Perdana Publishing, Medan.

Nu’man, A. Z., (2014), Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa, STMIK Duta Bangsa Surakarta, Vol. 7: 1-13.

Santoso, A.D., Pudjawan, Ketut., dan Suwatra, I.W., (2016), Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Untuk Mendukung Blended Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP NEGERI 3 BANJAR, e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5: 1-12.

Setyono, E.Y., (2015), Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell, Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol. 5: 1-8.

Silaban, Pantur., dan Sucipto, Erwin., (1980), Fisika Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sjukur, S.B., (2012), Pengaruh Blended Learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa tingkat SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2: 1-11.

Sudibjo, Ari., dan Wasis., (2013), Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-Learning Berbasis Edmodo Blog Education pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respon Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 2: 1-4.

Sudirman., (2013), Fisika, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono., (2015), Metode Penelitian Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung.

., (2017), Metode Penelitian Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sulisworo, Dwi., Nursulistiyo, Eko., Artha, Dian., (2018), Panduan Pelatihan Mobile Cooperative Learning, Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

Suryani, Nunuk., Setiawan, A., dan Putria, Aditin., (2018), Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tanjung, Ratna., (2014), Media Pendidikan Sains Fisika, Penerbit Unimed Press, Medan.

Trianto., (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta.

www.edmodo.com (Diakses pada 20 Februari 2019)

Yaumi, Muhammad., (2018), Media dan Teknologi Pembelajaran, Penerbit Prenadamedia Group, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18957

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter