Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di MAN 3 Medan

Wardah Mahmudah, Ratna Tanjung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester I MAN 3 Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 3 Medan yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berjumlah 6 soal essay test yang telah divalidasi oleh 2 orang validator dan telah dilakukan uji validitas butir, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretes 28.92 dan nilai rata-rata postes 77.86, Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretes 28.22 dan nilai rata-rata postes 58.83. Pada uji t dua pihak memperoleh nilai thitung < ttabel yaitu  0.4 < 2.002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian hasil uji t satu pihak memperoleh thitung > ttabel yaitu 7.26 > 1.671 sehingga Ha diterima, Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester I MAN 3 Medan T.P. 2019/2020.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Fluida Statis

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of the use Problem Bassed Learning model on students' problem solving skills on the subject matter Static Fluid in class XI semester I MAN 3 Medan T.P. 2019/2020. This type of research is a quasi experiment with a population of all students in class XI MIPA MAN 3 Medan amounting to 6 classes. Research sample consisted of 2 classes determined by cluster random sampling technique, XI MIPA 1 as an experiment class and XI MIPA 2 as a control class. The instrument used is the problem solving skills test amounting to 6 items essay test type, that had been validated by 2 validators and had been item validity test, reliability test, difficulty level test, and distinguishing test. The experiment class gets an average pretes score 28.92 and average postes score 77.86, The control class gets an average pretest score 28.22 and average posttest score 58.83. In the t-test of two parties obtained tcount < ttable which is 0.4 < 2,002, so H0 was accepted, meaning that two classes had the same initial skill. Then in the t-test of one parties obtained tcount > ttable which is 7.26 > 1,671, so Ha was accepted, so it can be concluded that there is a significant effect of the application Problem Based Learning model on students' problem solving skills in the subject matter of Static Fluid in class XI semester I MAN 3 Medan T.P. 2019/2020.

Keywords:    Problem Based Learning, problem solving skills, Static Fluid


Keywords


Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Fluida Statis Keywords: Problem Based Learning, problem solving skills, Static Fluid

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I, (2018), Learning to Teach, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Faturrohman, M, (2012), Model-Model Pembelajaran Inovatif, Arruz Media, Yogyakarta.

Kurniawan, Dede, Trie, (2014), Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Website Interaktif pada Konsep Fluida Statis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI, Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19 No.2.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Edisi Revisi. Tangerang: Tira Smart.

Sawitri, Ira, Suparmi, (2016), Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Metode Eksperimen dan Demostrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif, Jurnal Inkuiri Vol 5 No.2.

Sebayang, Annisa Wildayani, Harahap, Mara Bangun, (2016), Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Autentik Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas X Semester II SMA Negeri 6 Binjai TP 2015/2016.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovetif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Astuti, Puji, dan Slameto, (2018), Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Sekolah Vol 2 No.2.

Yunarni, Andi., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene, Jurnal Mosharafa Vol 7 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i3.20143

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter