PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK PEMBUATAN ALAT VIBRATOR DARI BARANG BEKAS UNTUK MEMBENTUK KERJA ILMIAH DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA

Zul Azhar

Abstract


ABSTRAK

Kerja ilmiah dan sikap ilmiah pada sisiwa perlu dibentuk antara lain: rasa ingin tahu, tidak percaya tahayul, jujur dalam menyajikan data, factual, terbuka pada gagasan dan pikiran baru, kreatif dalam menghasilkan karya ilmiah, peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan, tekun dan teliti. Untuk menumbuhkan kerja ilmiah pada siswa pembelajaran fisika berbasis proyek yaitu pembuatan alat praktikum vibrator yang terbuat dari loudspeaker bekas yang digunakan untuk menghitung cepat rambat gelombang pada tali dan frekuensi gelombang. Pembuatan dilakukan secara berkelompok yang terdidri dari 8 kelompok tiap kelompok 5 siswa. Pembelajaran ini diterapkan pada sisiwa kelas XI MIA 4 MAN Binjai tahun pelajaran 2017/2018. Melalui pengamatan dan angket siswa diperoleh simpulan bahwa kerja dan sikap ilmiah mulai terbentuk, dari proses pembuatan sampai uji coba alat serta alat yang digunakan untuk praktikum. Berdasarkan hasil uji coba alat tesebut besar frekuensi sumber gelombang (47,90 ± 1.90) Hz. Hasil ini menujukkan alat tersebut dapat dipergunkan untuk praktikum gelombang bunyi pada konsep Melde dengan memanfaatkan loudspeaker bekas untuk pembuatan alat praktikum fisika sederhana dan murah.
Kata kunci : Pembelajaran Fisika, vibrator, loudspeaker, barang bekas.

Keywords


Pembelajaran Fisika, vibrator, loudspeaker, barang bekas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Paul Suparno, Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan, Universitas Santa DharmaYogyakarata, 2006

Wahyu Hari, Upaya kecil berkelanjutan Mengurangi Penyebab Pemanasan Global Melalui Pembuatan Alat Peraga Dalam Perkuliahan Fluida, Prosiding Pertemuan ILmiah XXIV HFI Jateng & DIY Semarang 10 April 2010, ISSN: 0853-0823, pp. 180-185

M. Yasin Kholifudin, Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Pembuatan Alat Resonansi Bunyi Dari Lampu Neon Bekas Untuk Membentuk Kerja Ilmiah Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa, Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVII HFI Jateng & DIY, Solo, 23 Maret 2013 ISSN : 0853-0823, 79-82

Siti Fatimah, Pembelajaran Proyek Berbasis Multirepresentasi dalam Pemahaman konsep gelombang dan bunyi, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains,Surakarta, 22 Oktober 2016, pp. 155-159

A. Widiyatmoko,Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga Ipa Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai, Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia (JPII Vol.1) Unnes, P. 51-56.

Nahed Nuwairah, Zainuddin, Mastuang, Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Pembuatan Alat Peraga Dengan Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 2 Juni 2018, pp. 98-112

Douglas C. Giancoli, (2001), Fisika edisi jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Permendiknas no 22 SKL Tahun 2004, Standar Kompetensi Untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah, 2004.

Su’ud Zaki, Physics grade XII, Bailmu, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i3.20145

Article Metrics

Abstract view : 2669 times
PDF - 6191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter