PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA (VEKTOR) BERBASIS INKUIRI SMA NEGERI 1 BANTUL

Sri Suparwati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai fisika siswa kelas X yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Pada setiap proses pembelajaran fisika ada beberapa siswa masih belum percaya diri dalam mengajukan pendapat atau pertanyaan dan tingkat motivasi belajar siswa yang rendah. Peneliti bermaksud ingin mengadakan pengubahan pola belajar dengan harapan siswa menjadi  lebih bersemangat, percaya diri, aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran fisika di kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keberhasilan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika tentang vector dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Pada Siklus I rata-rata kelas yaitu 68,05% dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan rata-rata kelas 81%. Dalam mengikuti pembelajaran siswa menunjukkan keaktifannya ditunjukkan dengan kemauan siswa mengajukan pendapat dan dilihat dari hasil ulangan harian siswa yang meningkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan memberikan dampak positif bagi siswa dan telah memenuhi kriteria.

 




Keywords


Fisika; Metode inkuiri; Peningkatan prestasi belajar; Vektor.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. Pythagoras,182-188.

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Pythagoras. Vol 6 No 2, 143-150

Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Kambuaya, C. (2014). Pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi diri terhadap presatsi belajar siswa peserta program Afirmasi Pendidikan Menengah asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal Volume 5 Nomor 2, 106-208.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Poniman. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 257–264.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan Lkm Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.

Sasmita, P. R. (2017). Penerapan metode inkuiri terbimbing menggunakan media kit fisika: upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 95–102.

Yeung, R. (2014). Confidence. Jakarta: Daras Books




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.21675

Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter