PENGARUH E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GELOMBANG BUNYI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG

Dwi Handayani Yulfi

Abstract


Penelitian ini merupakan tahap awal dalam melakukan penelitian eksperimen selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh E-learning terhadap hasil belajar gelombang bunyi siswa kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pre-experiment dan metode deskriptif. Metode pre-experiment digunakan untuk kemampuan kognitif siswa. Sedangkan metode deskriptif digunakan untuk lembar observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-learning terhadap hasil belajar gelombang bunyi siswa kelas XI. Hasilnya yaitu menunjukkan adanya peningkatan hasil yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan meninggkatnya hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 45,5 dan tidak ada seorang pun yang lulus KKM sebesar 75, menjadi 63,75 pada nilai rata-rata postes dengan jumlah siswa yang lulus KKM 10 orang dari 40 orang siswa.


Keywords


E-Learning, Hasil Belajar, Gelombang Bunyi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.24443

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter