PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN

Dewi Juantika, Purwanto, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton. Jenis penelitian adaalah quasi eksperimen.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X Mia1 dan kelas XMia3, dimana kelas X Mia1 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas X Mia3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes  essai dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,52  dan 34,19. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh kemampuan awal siswa  kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan dengan pembelajaran konvensional diperoleh data rata-rata postes adalah 76,52 dan 62,06. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen serta ada pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 70,47 dengan kategori aktif. 


Keywords


Inquiry Training; quasi eksperimen; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R.,(2001), A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objektives, Person Education Group, Boston.

Arends. R.I., (2012), Learning To Teach, Ninth Edition, McGraw-Hill Companies, Inc, Americans, New York.

Arikunto, S., (2012), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 , Bumi Aksara, Jakarta.

Depdiknas. (2003), Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.

Derlina., Mihardi., (2015), Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Training dalam Pembelajaran Fisika UNtuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Formal Siswa, Jurnal Pendidikan Indonesia 11: 162-169.

Djamarah, S.B., Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Gulo, W., (2002), Strategi Belajar Mengajar, PT. Grasindo, Jakarta.

Hosnan., (2014), Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.

Ibrahim, R., Syaodih., (2003), Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Istarani., (2012), Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.

Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E., (2009), Model-Model Pengajaran (Edisi Delapan), Pustaka, Yogyakarta.

Purwanto., Arini, U.M., Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jural Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan 1: 43-49

Rusman., (2013), Model-Model Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sagala, S., (2012), Supervisi Pembelajaran, Alfarbeta, Bandung.

Sanjaya, W., (2009), Penelitian Tindakan Kelas, Kencana, Jakarta.

Sardiman, A.M., (2010), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta.

Siddiqui, M.H., (2013), Inquiry Training Model Of Teaching : A Search of Learning, International Journal of Scientific Research 2: 108-110

Slameto., (2010), Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana., (2005), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.

Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono., (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suprijono, A., (2009), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Trianto., (2009), Mendesaim Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12543

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter