Analisis Kemampuan Interpretasi Data Siswa dalam Belajar Materi Usaha dan Energi
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interpretasi data siswa dalam belajar materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah tiga jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Pembelajaran fisika harus membekalkan dan meningkatkan penguasaan keterampilan dalam bidang grafik untuk pengolahan data. Kemampuan representasi grafik membutuhkan pengetahuan tambahan dari disiplin ilmu matematis dan dapat digunakan untuk disiplin ilmu lainnya. Mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam membaca, menginterpretasi dan mengkomunikasikan hubungan antar variabel dalam bentuk grafik dan mengkonstruksi grafik perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dapat dinyatakan pada jurnal pertama yang berjudul Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Multirepresentasi Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah data hasil penelitian diketahui bahwa representasi yang paling tinggi adalah representasi gambar dan yang paling rendah adalah representasi grafik. Pada jurnal kedua yang berjudul Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Materi Usaha dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata skor pencapaian siswa pada multirepresentasi yang tergolong rendah. Pada jurnal ketiga yang berjudul Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan representasi matematis tergolong sedang, sedangkan representasi verbal dan diagram/gambar tergolong rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astra Patriot, Evelina. 2019. Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Materi Usaha dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif. JIPF UNSI Vol. 6, No. 2 hal: 152-158.
Heath, D. C., and Company. 1960. Physics. New York: United States of America.
Husnul Dienyati, Nur., dkk. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Multirepresentasi Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah. Jurnal Kreatif Online Vol. 8, No. 1 hal: 74-84.
Inna Rahmatina, Desella., dkk. 2017. Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. Pros. Seminar Pend. IPA PAscasarjana UM. No. 2 hal: 127-133.
Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemristekdikti. 2018a. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi 4.0. Retrievied from https://www.ristekdikti.go.id/pengembanganiptek-dan-pendidikan- tinggi-di-era-revolusi-industri 4-0/.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Auladuna Vol. 2, No. 2 hal: 233-245.
Mustain, I. 2015. Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Jurnal Scientiae Educatia Vol. 5, No. 2 hal: 1-11
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.25664
Article Metrics
Abstract view : 1308 timesPDF - 637 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142