Analisis Kemampuan Interpretasi Data Siswa dalam Belajar Materi Usaha dan Energi
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.25664Keywords:
Interpretation, multi-representation, graphic skills.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interpretasi data siswa dalam belajar materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah tiga jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Pembelajaran fisika harus membekalkan dan meningkatkan penguasaan keterampilan dalam bidang grafik untuk pengolahan data. Kemampuan representasi grafik membutuhkan pengetahuan tambahan dari disiplin ilmu matematis dan dapat digunakan untuk disiplin ilmu lainnya. Mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam membaca, menginterpretasi dan mengkomunikasikan hubungan antar variabel dalam bentuk grafik dan mengkonstruksi grafik perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dapat dinyatakan pada jurnal pertama yang berjudul Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Multirepresentasi Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah data hasil penelitian diketahui bahwa representasi yang paling tinggi adalah representasi gambar dan yang paling rendah adalah representasi grafik. Pada jurnal kedua yang berjudul Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Materi Usaha dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata skor pencapaian siswa pada multirepresentasi yang tergolong rendah. Pada jurnal ketiga yang berjudul Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan representasi matematis tergolong sedang, sedangkan representasi verbal dan diagram/gambar tergolong rendah.References
Astra Patriot, Evelina. 2019. Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Materi Usaha dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif. JIPF UNSI Vol. 6, No. 2 hal: 152-158.
Heath, D. C., and Company. 1960. Physics. New York: United States of America.
Husnul Dienyati, Nur., dkk. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Multirepresentasi Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah. Jurnal Kreatif Online Vol. 8, No. 1 hal: 74-84.
Inna Rahmatina, Desella., dkk. 2017. Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. Pros. Seminar Pend. IPA PAscasarjana UM. No. 2 hal: 127-133.
Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemristekdikti. 2018a. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi 4.0. Retrievied from https://www.ristekdikti.go.id/pengembanganiptek-dan-pendidikan- tinggi-di-era-revolusi-industri 4-0/.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Auladuna Vol. 2, No. 2 hal: 233-245.
Mustain, I. 2015. Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Jurnal Scientiae Educatia Vol. 5, No. 2 hal: 1-11
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).