PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK KELAS X DI MAN 2 MODEL MEDAN

Rugaya Rugaya, Islah Ditasya

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Untuk Kelas X di MAN 2 Model Medan yang layak, praktis, serta efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrument yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik, serta soal pretest-postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi mendapat persentase 88%, dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase 94% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru fisika mendapat presentase yaitu 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan e-modul fisika berdasarkan respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil mendapat persentase 92% dan uji coba kelompok besar mendapat persentase 90% dengan kategori masing-masing sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektifitas yang dilihat dari perolehan nilai N-Gain pada uji kelompok kecil mendapat persentase 77% dan uji kelompok besar mendapat persentase 77% dengan kategori masing-masing efektif. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul fisika yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif  digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Jakarta: PT. Rosda Karya..

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Depdikbud, K. B. B. I. (2008). Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, cet. I, edisi, 4.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS. Bandung: LEKKAS.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas DIrektorat Jenderal Pendidikan Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kependidikan, D. T., Mutu, D. J. P., KEPENDIDIKAN, P., & Nasional, D. P. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, E. D., Nopriyanti, N., & Syofii, I. (2018). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATAKULIAH CAD/CAM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 185-194.

Mahmudi. (2015).Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta:UPP AMP YKPN.

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physics: A Possible “Hidden Variabel” in Diagnostice Pretest Scors. Dalam American Journal Physics, Vol 70 (12).

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.

Najuah., Pristi, S. L., Winna, W. (2020).abd MODUL ELEKTRONIK ꞉ Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. YAYASAN KITA MENULIS

Nasution, S. (2005). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara.

Nurkasiani. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN ANALISIS TRACKER PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA/MA. Institut Islam Negeri: Batusangkar

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

RAHMIYATI., HIDAYAT., DARMAJI. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Hukum Termodinamika Untuk SMA/MA Kelas XI. Jurnal pendidikan Fisika, 3(1), 68-81.

Ramadhani, Y. R., Masrul, M., Ramadhani, R., Rahim, R., Tamrin, A. F., Daulay, J. S., ... & Prianto, C. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.

Sri Harnani, S.Pd (2020, 7 Juli). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEI COVID-19. Diakses pada 15 Oktober 2020, dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa pandemi-covid-19

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.). (2006). Educational design research. Routledge.

Widodo, C. S., & Jasmadi, S. T. P. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wulandari, K., Siti, M., & Suci, P. (2020). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Exact Papers in Compilation. 2(3), 299-306

Yusuf, Y., Setyorini, R., Rachmawati, R., Sabar, M. P., Tyaningsih, R. Y., Nuramila, M. P., ... & SAP, M. (2020). CALL FOR BOOK TEMA 3 (MEDIA PEMBELAJARAN). Jakad Media Publishing.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulkarnain, A., Nina, A., Lisa, T. (2015). PENGEMBANGAN E-MODUL TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUN BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222-235.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.28793

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter