PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI SMAN 13 MEDAN

Herlinayati Ritonga, Abd Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional, pengaruh gender terhadap hasil belajar fisika siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA – 2 sebagai kelas inquiry training dan kelas XI MIA – 3 sebagai kelas konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang pada setiap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model inquiry training dan konvensional terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (7,67> 4,002), terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,06> 4,002), terdapat pengaruh interaksi antara kedua model pembelajaran dan gender siswa terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (11,99> 4,002). Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh gender, dan  interaksi antara model pembelajaran dan gender dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.


Keywords


Inquiry Training; Gender; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahokoski, E., Korventausta, M., Koen Veermans, dan Jaakkola, T. 2015. Teachers’ Experiences of an Inquiry Learning Training Course in Finland. International council of association for Science education. 28. 305 – 314

Aktamiş, I., Hiğde, E., Özden, B., 2016, Effects of the Inquiry-Based Learning Method on Students’ Achievement, Science Process Skills and Attitudes towards Science: A Meta-Analysis Science, Journal Of Turkish Science Education, 13, (4), 248 – 261

Alabdulkareem, S.A., 2017, Saudi Science Teachers' Perceptions of Implementing Inquiry in Science Class, Journal of Education and Training Studies, 5, (12), 67 – 78

Anggraini, DP dan Sani, RA., 2015, Analisis Model Pembelajaran Scientific Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika, 4, (2), 47-54

Cavallo, A.,M.,L., Rozman, M., dan Potter, W.,H., 2004, Gender Differences in Learning Constructs, Shifts in Learing Constructs, and Their Relationship to Course Achievement in A Structured Inquiry, Yearlong College Physics Course for Life Science Majors. School Science and Mathematics, 104, (6), 288 - 300

Lumbangaol, D.K., dan Sirait, M., 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 2, (2), 30 - 39

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Hooper, M., 2016, TIMSS 2015 International Results in Mathematics, Boston College. TIMSS & PIRLS International Study Center, Diakses tanggal 05 Maret 2018 from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

Mkpanang, J.T., 2016, Influence of Creative Style and Gender on Students’Achievement in Physics, Journal of Education and Practice, 7, (12), 42 – 46

Puspedik Kemdikbud., 2017, Rekap Hasil UN, Diakses pada 22 Maret 2018 https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Yamtinah, S., Masykuri M., Ashadi, dan Shidiq, A.S., 2017, Gender differences in students’ attitudes toward science: An analysis of students’ science process skill using testlet instrument, The 4th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (4th ICRIEMS)




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12544

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter