Pengembangan E-learning Berbasis Moodle pada Materi Pokok Fluida Dinamis Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis serta menguji kelayakan e-learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa (1) aspek panduan dan informasi e-learning dinilai layak dengan rata-rata 4; (2) aspek kinerja program dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,2; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan rata-rata 4. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari e-learning dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,75; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5 dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5. Hasil respon guru fisika SMA Negeri 1 Air Putih yaitu sangat baik dengan rata-rata 4,3. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, e-learning yang dikembangakan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,18. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, e-learning berbasis moodle yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,2. Tingkat keefektifan e-learning berbasis moodle berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,72 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.
Keywords
E-learning, Moodle, Fluida Dinamis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.30117
Article Metrics
Abstract view : 143 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142