PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA T.A 2020/2021

Steven Andrian S. Telaumbanua, Juniar Hutahaean

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar e-modul pembelajaran fisika materi getaran harmonis, yang layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 11 Medan serta untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e-modul fisika pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,55 dengan kategori sangat baik/layak, validasi ahli media mendapatkan hasil rata-rata 3,52 dengan kategori sangat baik/layak, validasi oleh praktisi pendidikan mendapatkan nilai rata-rata 3,63 dengan kategori sangat baik/layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat nilai rata-rata 86,52% dengan kategori sangat menarik dan uji coba lapangan atau uji kelompok besar mendapatkan hasil rata-rata 87,49% dengan kategori sangat menarik.


Keywords


E-modul pembelajaran fisika, kelayakan, respon siswa.

Full Text:

PDF

References


Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan

Bahan Ajar Dengan Model ADDIE

Untuk Mata Pelajaran Matematika

Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya.

Jurnal KWANGSAN, 1(1), 1-15.

Cahyadi, A. R. (2019). Pengembangan Bahan

Ajar Berbasis ADDIE Model.

Education Journal, 3(1), 38-43.

Litaimer D. (2019). Penggunaan Sumber Belajar

Diktat Buatan Guru Pada Pembelajaran

Seni Budaya di MTS Padang Laweh

Kabupaten Sijunjung. E-Jurnal

Sendratasik, 7(4), 61-67.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati D. L. (2017).

Penerapan Media Pembelajaran Digital

Book dengan Kvisoft Flipbook Maker.

Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan

Pola Hidup Manusia dalam Perspektif

Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan

Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1),

-47.

Sirait, J. V., Bukit, N., & Sirait, M. 2016.

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pada

Materi Fluida Dinamis Berbasis

Scientific Inquiry Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan

Fisika, 5(1), 7-11.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi

Guru Dalam Pendidikan. Jurnal

Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar

Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida

Journal, 3(2), 127-139.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. (2018).

Pengembangan Bahan Ajar

Menggunakan Aplikasi Kvisoft

Flipbook Maker Materi Himpunan.

Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.30505

Article Metrics

Abstract view : 388 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter