PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA T.A 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar e-modul pembelajaran fisika materi getaran harmonis, yang layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 11 Medan serta untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e-modul fisika pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,55 dengan kategori sangat baik/layak, validasi ahli media mendapatkan hasil rata-rata 3,52 dengan kategori sangat baik/layak, validasi oleh praktisi pendidikan mendapatkan nilai rata-rata 3,63 dengan kategori sangat baik/layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat nilai rata-rata 86,52% dengan kategori sangat menarik dan uji coba lapangan atau uji kelompok besar mendapatkan hasil rata-rata 87,49% dengan kategori sangat menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan
Bahan Ajar Dengan Model ADDIE
Untuk Mata Pelajaran Matematika
Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya.
Jurnal KWANGSAN, 1(1), 1-15.
Cahyadi, A. R. (2019). Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis ADDIE Model.
Education Journal, 3(1), 38-43.
Litaimer D. (2019). Penggunaan Sumber Belajar
Diktat Buatan Guru Pada Pembelajaran
Seni Budaya di MTS Padang Laweh
Kabupaten Sijunjung. E-Jurnal
Sendratasik, 7(4), 61-67.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati D. L. (2017).
Penerapan Media Pembelajaran Digital
Book dengan Kvisoft Flipbook Maker.
Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan
Pola Hidup Manusia dalam Perspektif
Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan
Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1),
-47.
Sirait, J. V., Bukit, N., & Sirait, M. 2016.
Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pada
Materi Fluida Dinamis Berbasis
Scientific Inquiry Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan
Fisika, 5(1), 7-11.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi
Guru Dalam Pendidikan. Jurnal
Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.
Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar
Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida
Journal, 3(2), 127-139.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. (2018).
Pengembangan Bahan Ajar
Menggunakan Aplikasi Kvisoft
Flipbook Maker Materi Himpunan.
Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.30505
Article Metrics
Abstract view : 452 timesPDF - 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142