PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTADIDIK (LKPD)BERBASIS VIRTUALLABORATORIUM PADA MATERI OPTIK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING T.P 2020/2021

Authors

  • Ratna Tanjung State University of Medan
  • Haida Aritonang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i4.30529

Keywords:

LKPD, Virtual Laboratorium, Optik, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan dituntut harus dapat menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetisi seorang peserta didik.Dalam mencapai pendidikan dibutuhkan pedoman yang berisi kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk tercapainya pembelajaran dinamakan LKPD.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Adiankoting peneliti memperoleh informasi bahwa selama masa pandemi covid19 ini praktikum secara real tidak dapat berlangsung.Dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian.Tujuan yang ingin diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Virtual Laboratorium pada materi pokok optik (pemantulan cahaya).Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Penelitian dilakukan pada kelas XI MIA2 di SMA Negeri 1 Adiankoting. Diperoleh hasil penelitian LKPD berbasis virtual laboratorium pada materi Optik kelas XI yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan BSNP dengan memperoleh persentase hasil validasi ahli materi 90% dan ahli media 90% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak/valid. LKPD berbasis virtual laboratorium dapat menggantikan praktikum langsung/real, diketahui melalui respon siswa, guru, dan peningkatan hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap kepraktisan menggunakan LKPD berbasis virtual laboratorium pada kelompok kecil diperoleh rata“rata 91% dan kelompok besar 94% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Hasil belajar siswa menggunakan LKPD berbasis virtual laboratorium memperoleh nilai N-gain 0,6 yaitu dalam kategori sedang. 

Author Biographies

Ratna Tanjung, State University of Medan

Pendidikan Fisika

Haida Aritonang, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Fisika

References

DAFTAR PUSTAKA

Zaini, A. (2013). Optimalisasi Ketercapaian Standar Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN Pamekasan. Jurnal Pendidikan 1(1): hal 1-8

Chania,R.,& Roza,M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum pada Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah. Natural science journal, 4(2): hal 664 “ 675

Hermansyah., Gunawan., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi( 1) 2: hal 97-102

Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. (2017). Penerapan model mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 1(1): hal 20-25

Osin, A.E., Sesanti, N.R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmetika Sosial. Seminar Nasional FST 2019. 2: 9-18

Aji .N S.,& Widodo. (2017). Pengembangan LKS Gerak Harmonik Sederhana dengan Media Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (8)1: hal 44-50

Downloads

Published

2021-12-13