PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA

Maya Aulia Rahma, Yulifda Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Pengetahuan Faktual pada materi Gelombang Bunyi yang memenuhi kriteria kelayakan instrumen yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, dengan tiga tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAS YPI Dharma Budi Sidamanik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa instrumen tes pengetahuan faktual valid dan memiliki tingkat reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0,80. Tingkat kesukaran instrumen tes 80% dengan kategori sedang.  Daya pembeda instrumen tes  57% dengan kategori cukup dan 33% dengan kategori baik dan efektivitas opsi pengecoh yang baik. Tanggapan peserta didik terhadap instrumen tes berbasis pengetahuan faktual adalah sebesar 80% dengan kriteria baik. Berdasarkan kriteria tersebut, maka diperoleh 24 soal dinyatakan diterima dan layak digunakan sebagai instrumen tes berbasis pengetahuan faktual.

 

This study aims to develop a test instrument based on factual knowledge of sound waves that meet the eligibility criteria for a good instrument. This type of research is an R&D development research with a 4-D Thiagarajan development model, with three stages, namely defining, designing, and developing. The subjects of this study were students of class XI IPA 1 SMAS YPI Dharma Budi Sidamanik. Based on the research results, it was found that the factual knowledge test instrument was valid and had a very high level of reliability with a value of 0.80. The difficulty level of the test instrument is 80% in the medium category. The instrument differential power of the test instrument was 57% with sufficient denomination and 33% with the decent denomination and the effectiveness of good distracting options. The students' responses to factual knowledge-based test instruments were 80% with good criteria. Based on these criteria, 24 questions were accepted and fit for use as a test instrument based on factual knowledge.

 


Keywords


Instrumen Tes, Pengetahuan Faktual, Penelitian R&D

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, S., & Khaeruddin. (2012).Evaluasi Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM

Angriani, A. D., dkk. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 5 (1)

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Khoiriah, dkk. (2018). Development of Assessment Instruments Higher Order Thinking Skills on Science Subjects for Studnet Grade Eight Junior High School. The Online Journal of New Horisons in Education. 8 (2)

Mahaputri, N.L.P, dkk.. (2013). Pengembangan Tes Prestasi Belajar Berbasis Taksonomi Anderson dan Krathwohl pada Kompetensi Dasar Fisika SMK Kelas X Semester Ganjil Se-Kota Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3

Mustari, M. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Ranah Kognitif Pada Pokok Bahasan Fluida Statis SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05, 121

Sahyar, & Maris, S. (2016). Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Tingkat SMP. Jurnal Inpafi. 4 (4)

Siswaningaih, W., dkk. (2016). Pengembangan Tes Pilihan Ganda Piktorial Untuk Mengukur Penguasaan Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural Siswa SMA Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 3 (2)

Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tanjung, Y.I., & Bakar, A. (2019). DEVELOPMENT OF PHYSICAL TEST INSTRUMENTS BASED ON THE CONCEPTUAL KNOWLEDGE DIMENSION OF THE REVISION BLOOM TAXONOMY. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 141-148

Tanjung, Y.I., & Dwiana, Y. A. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI GERAK LURUS. (INPAFI) Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.7 (4)

Wulaningtyas, R.C. & Sukanti. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. 5(7)

Wulansari, A & Rosyidi, A.H. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP Jenjang Menciptakan Pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Kreano. 4 (2)




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.31688

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter