Respon Siswa terhadap Pengembangan Alat Praktikum Digital Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika
Abstract
Fisika adalah sebuah ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Walaupun pelajaran fisika mempelajari mengenai fenomena yang ada di kehidupan sehari-hari, tetapi masih banyak siswa yang menganggap mata pelajaran fisika hanya sekedar teori saja dan tidak memahami fenomena maupun kegunaan fisika dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga masih banyak siswa yang capaian pemahaman konsep fisika esensialnya belum optimal dalam pembelajaran di kelas. Salah satu upaya agar siswa bisa lebih memahami materi fisika adalah dapat dilakukan dengan bantuan multimedia interaktif seperti alat peraga. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan pengembangan media berupa alat praktikum gerak jatuh bebas untuk membantu siswa memahami dan mengurangi miskonsepsi terkait materi gerak jatuh bebas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Penerapan dari pengembangan media alat praktikum gerak jatuh bebas dilakukan di salah satu SMA di Karawang dengan sampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data penlitian dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui responnya terkait alat praktikum yang sedang dikembangkan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan skala 1 sampai 4. Selain itu dilakukan juga wawancara serta jawaban dari LKPD siswa dianalisis untuk mendukung hasil yang sudah diperoleh dari angket. Dari hasil penerapan, diperoleh hasil respon siswa yaitu media alat praktikum gerak jatuh bebas mendapatkan respon positif. Alat praktikum yang dikembangkan dapat membantu siswa untuk tertarik belajar fisika dan memahami konsep gerak jatuh bebas. Selain itu 76,7% siswa setuju bahwa media alat peraga gerak jatuh bebas berfungsi dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.31705
Article Metrics
Abstract view : 562 timesPDF - 584 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142