Pengembangan Instrumen Performance Assessment Siswa dalam Praktikum Fisika SMA Materi Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Langsa

Vina Fadhilla, Sabani Sabani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian khususnya Performance Assessment dalam kegiatan praktikum materi Listrik Dinamis serta menguji kelayakan instrumen yang dihasilkan melalui validasi, reliabilitas dan juga keefektifan penggunaan instrumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2020 di SMA Negeri 1 Langsa dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPA T.A 2019/2020. Penelitian ini didesain dengan model penelitian research and development (R&D), menggunakan 4D-models yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil uji validitas kelayakan instrumen adalah 3.31, instrumen dinyatakan sangat layak karena nilai validasi berada pada rentang 3.26-4.00. Hasil reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach penilai 1 memiliki skor 1.308 dan penilai 2 memiliki skor 1.311, kedua instrumen dinyatakan reliabel karena nilai Alpha lebih dari 0.95. Uji reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement dengan kategori reliabel tinggi dengan hasil reliabilitas > 75%. Hasil angket respon guru terhadap efektivitas penggunaan instrumen performance assessment sebesar 92.5 %  dari penilai 1 dan 87.5 dari penilai 2.

 

This study aims to develop assessment instruments, especially Performance Assessment in practicum activities on Dynamic Electricity material and to test the feasibility of the instruments generated through validation, reliability and also the effectiveness of instrument use. This research was conducted in March-April 2020 at SMA Negeri 1 Langsa with the research subjects are teachers and students of class XII IPA T.A 2019/2020. This study was designed with a research and development (R&D) research model, using 4D-models, using 4D models which consists of 4 stages of development, namely defining (defining), designing (designing), developing (developing), and disseminate (penyebaran). The result of the instrument feasibility validity test was 3.31, the instrument was declared very feasible because the validation value was in the range 3.26-4.00. The results of the reliability of the instrument using Cronbach's Alpha rater 1 had a score of 1.308 and rater 2 had a score of 1.311, both instruments were declared reliable because the Alpha value was more than 0.95. The instrument reliability test used a percentage agreement with the high reliability category with the result reliability> 75%. The results of the teacher's questionnaire response to the effectiveness of using performance appraisal instruments were 92.5% from assessor 1 and 87.5 from assessor 2.


Keywords


4D-models, performance assessment, praktikum fisika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S.. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara

Bukit, N., Eva M. Ginting. 2015. Profil Laboratorium. Medan : Unimed Press Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kusumaningtyas, P. dkk.. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kompetensi Siswa dalam Kegiatan Praktikum Kimia di SMA/K. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 12, No. 2

Bernhard, I.M. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) pada Pokok Bahasan Penyearah Setengah Gelombang dan Gelombang Penuh. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nirmala, Wa. 2018. Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik Berbasis Keterampilan Proses Sains Jurusan Kimia UIN Alauddin Makassar. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM. Vol.1, No.2

Oktriawan, T. dkk. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Luas Permukaan terhadap Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 4, No.2

Permendikbud. 2013. Standar Penilaian Kurikulum 2013 No 66. Jakarta: Kemendikbud

Russel, K and Petter W. Airasian. 1967. Classroom Assessment :Concepts and Applications 7th Ed. New York : Mc Graw Hill

Sani, R. Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta : Bumi Aksara

Sarah, L. Laila. 2019. Paket Unit Pembelajaran-Listrik arus Searah dan Listrik Statis. Jakarta : Kemendikbud

Sarjono. 2015. Penilaian unjuk Kerja dalam Praktikum Fisika. Jurnal Madaniyah, Edisi 8. ISSN: 2086 3462

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudijono, A. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo PersadaSugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung : Alfabeta

Sukmawa, O., dkk. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. VII. No. 1.

Sutarti, T & Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Thiagarajan, S., dkk. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Indiana : ERIC

Usman, Herman, A. Momang Yusuf. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Praktikum Fisika pada Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Vol.10, No.3

Usman, H., Akbar, R.P.S. 1995. Pengantar Statistik. Jakarta : Bumi Aksara

Windyariani, S. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas. Jakarta : Deepublish Publisher

Wulan, A. R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 32(3), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i2.33527

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter