PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS HOTS TINGKAT SMA DI KOTA MEDAN

Nurhikmah Weisdiyanti, Rita Juliani

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian pengembangan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skills yang bertujuan mengembangkan instrumen yang memenuhi aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development model Borg & Gall dengan tahapan analisis masalah dan kebutuhan instrumen tes HOTS, perencanaan pengembangan dan pengujian instrumen, pengembangan instrumen tes berbasis HOTS, uji validasi ahli materi, konstruksi dan bahasa, revisi validasi ahli, uji skala kecil di SMAN 11 Medan, revisi instrumen skala kecil, uji skala besar di SMAN 11 Medan dan SMAS Budi Satrya, serta revisi instrumen skala besar. Hasil uji validasi ahli diperoleh instrumen tes valid. Hasil uji skala kecil diperoleh 93% item valid, sangat reliabel, 87% daya beda baik, 93% kesukaran sedang serta 67% distraktor baik. Hasil uji skala besar diperoleh 87% valid, reliabel, 73% daya beda baik, 67% kesukaran sedang, dan 93% distraktor baik sehingga instrumen tes layak mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi.

 

Research on the development of test instrumens based on Higher Order Thinking Skills has been carried out which aims to develop instrumens that meet the aspects of validity, reliability, differentiation, difficulty level and deceptive effectiveness. The type of research used is the Borg & Gall Research and Development model with the stages of analyzing the problems and needs of the HOTS test instrumen, planning development and testing of instrumens, developing HOTS-based test instrumens, validating material experts, construction and language, revision of expert validation, small-scale testing SMAN 11 Medan, small scale instrumen revision, large scale test at SMAN 11 Medan and SMAS Budi Satrya, and large scale instrumen revision. Expert validation test results obtained valid test instrumens. Small scale test results obtained 93% valid items, very reliable, 87% good difference power, 93% moderate difficulty and 67% good distractors. Large scale test results obtained 87% valid, reliable, 73% good difference power, 97% moderate difficulty, and 93% good distractors so that the test instrumen is feasible to measure higher order thinking skills.


Keywords


Keterampilan berpikir tingkat tinggi, instrumen tes, penelitian dan pengembangan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afriani, E., Maria, H.T. & Oktaviany, E. (2019). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan untuk SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 8, No 3: 1-12

Aisah, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol 8, No 1:146-156. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 2, No 1: 28-36

Arikunto, S. (2008). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara, Jakarta

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Fisika Untuk SMA dan MA. BSNP-Depdiknas, Jakarta

Borg, W. R. and Gall, M.D. (1989). Educational research: an introduction 5th. Longman, New York

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Budiman, A., Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol 1 No 2 : 139-141

Creswell, J. W. (2013). Steps in conducting a scholarly mixed methods study. University of Linkoln, Lincoln

Harahap, W. (2019). Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Materi Suhu dan Kalor di SMA/MA. (Studi Kasus di MAN 2 Model Medan). Skripsi, Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Medan

Istiyono, E., Mardapi, D. & Suparno. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 18, No 1: 1-12

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. (2017). Panduan Penulisan Instrumen tes SMA/MA-SMK Tahun 2017. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al: Ta’dib, 70-81

Kistiono. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol 06, No 1, 70-81

Marthunis, Khaldun, I & Zulfadli. (2015). Analisis Kualitas Item tes Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015 Menggunakan Program Proanaltes. Jurnal Ilmiah Mahapeserta tes Pendidikan Kimia (JIMPK). Vol 1, No 4 :70-78.

Marwan, M., Khaeruddin, Amin, B.D. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Bidang Studi Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, Vol 2: 116 - 119. Website: http://ojs.unm.ac.id/semnasfisika

Organisation for Economic Cooperation and Development. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III, Boston College, Boston

Saidah, N., Yulistianti, H.D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 13 No 1: 41-54

Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart, Tangerang

Sani, R. A., Rahmatsyah, & Bunawan, W. (2019). Instrumen tes Fisika HOTS. Bumi Aksara, Jakarta

Sarea, M., Sayahrul & Hadi, S. (2015). Analisis Kualitas Instrumen tes Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMA di Kabupaten Gowa. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol 3, No 1:35-43.

Schraw, G., & Robinson, D. H. (2011). Assessment of higher order thinking skills. Information Age Publishing, Inc

Scully, D. (2017). Constructing Multiple-Choice Items to Measure Higher-Order Thinking. Practical Assessment, Research & Evaluation, Vol 22, No 4: 1-13 Available online: http://pareonline.net/getvn.asp?v=22&n=4

Simalango, M. M. (2018). Kesulitan peserta tes dalam menyelesaikan instrumen tes-instrumen tes PISA pada konten change and relationship level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, Vol 12, No 1: 43–58

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prindip dan Operasional. Bumi Aksara, Jakarta

Wadana, I W. (2017). Modul Penyusunan Instrumen tes Higher Order Thinking Skills (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA, Jakarta

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur. UNIPMA Press, Madiun

Windarto, F., Martubi. (2017). Analisis Item tes Ujian Akhir Semester Genap Mata Diklat Dasar-Dasar Mesin (Test Item Analysis of Even Semester Final Exam in The Basic of Engine Subject). Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. Vol IX, No 2: 132-143




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i3.33528

Article Metrics

Abstract view : 367 times
PDF - 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter